Teruntuk Rohingya, Kemenangan itu Dekat

Sore ini, saya membaca lagi koleksi artikel islam dari koran yang saya kumpulkan. Terdapat artikel yang cocok untuk menggambarkan kondisi yang sedang dihadapi Rohingya, Mesir, Afghanistan dan sebagainya. Tentunya menjadi renungan bagi seluruh umat Islam. Artikel yang berjudul Kemenangan itu Dekat masih membuat saya terpaku. Salah satu kutipannya “Terkadang Alloh sengaja memperlihatkan kehebatan musuh kepada umat Islam. Seakan mereka tidak terkalahkan dan umat tidak mampu melawan musuh, bahkan melahirkan keputusasaan. Alloh sengaja ingin melihat puncak kesabaran hambaNya sehingga layak mendapat kemenangan dariNya. “. 

Tujuan kutipan diatas adalah agar umat tidak lagi mengandalkan kemampuan diri sendiri, fasilitas materi, dan strategi atau kekuatan politik, seperti yang mereka andalkan selama ini kecuali hanya kepada Alloh SWT.

Alloh berfirman “Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk surga, sebelum datang kepada kalian cobaan yang menimpa umat sebelum kalian? Mereka ditimpa kesusahan, penderitaan dan digoncang dengan berbagai cobaan dan ujian. Sampai-sampai Rosul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, “kapan akan datang pertolongan dari Alloh?” Katakan sesungguhnya pertologan dan kemenangan itu sudah dekat”. (QS al-Baqarah [2] 214).

Ayat ini seakan turun untuk menjawab dan mengilstrasikan kondisi umat Islam yang selalu tersudut dan mengalami penderitaan, bahkan pembantaian di beberapa negara. Padahal, sebelumnya umat Islam di negara-negara tersebut aman dan tenteram.

Dari ayat ini, kita bisa merenungi beberapa ibrah. Pertama, Alloh menginformasikan kondisi ujian dan fitnah dahsyat yang dihadapi Rosulullah dan umat Islam pada masa itu. Sampai-sampai seorang Rosul pun bertanya “Kapan pertolongan Alloh datang?”. Padahal, seluruh kemampuan dan usaha sebagai manusia untuk menghadapi fitnah dahsyat itu telah dilakukan.

Saat kekhawatiran para pemimpin umat bukan lagi pada dirinya dan keluarganya dalam mengahadapi ujian di jalan dakwah, melainkan kekhawatiran pada kemampuan spiritual dan psikologis umat yang mungkin tidak mampu menghadapi fitnah, pada saat-saat seperti itulah Alloh akan menurunkan pertolonganNya.

Alloh menjelaskan mengapa tidak begitu saja memberikan kemenangan dan pertolongan kepada hamba-Nya, padahal mereka sudah disiksa, diusir, ditangkap, bahkan dibunuh dan diperangi? Karena, surga yang Alloh janjikan memang sesuatu yang tidak murah dan main-main. Surga yang Alloh janjikan merupakan sesuatu yang sangat mahal dan berharga yang dapat menghapus seluruh penderitaan di dunia ini dalam sekejap dan menggantinya dengan kebahagiaan dan nikmat yang abadi.

Ujian dan penderitaan dalam dakwah bukanlah hal baru dalam Islam. Demikian pula, kemenangan dan pertolongan alloh juga akan tetap berlangsung hingga hari kiamat.  Wallahu a’lam.

Sumber : Koran Republika. Terbit 2 November 2013.

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*