Mengapa Masalah Anda Tidak Kunjung Selesai ?

Mengapa Masalah Anda Tidak Kunjung Selesai ?
Mengapa Masalah Anda Tidak Kunjung Selesai ?

Setiap orang pasti punya masalah, ada yang ringan dan ada yang kronis. Ada orang yang punya masalah yang sama namun cara meresponnya berbeda. Menurut sebagian orang masalah yang dihadapi berat namun oleh sebagian yang lain dianggap ringan. Begitu pula sebaliknya, ada yang menganggap masalah dihadapinya ringan namun oleh orang lain dianggap sangat berat. Hal ini sangat tergantung dengan kapasitas dan kapabilitas orang tersebut.

Ada orang yang masalahnya cepat tuntas, ada pula yang masalahnya tidak kunjung tuntas bahkan semakin menimbulkan banyak masalah baru. Dan Anda tahu apa sebab utama masalah seseorang tidak kunjung tuntas ? Penyebab utamanya adalah karena orang tersebut senang menyalahkan orang lain atau melimpahkan kesalahan kepada orang lain.

Studi yang dilakukan oleh Chen, Jui-Chen, Silversthorne, Colin pada tahun 2008 menegaskan bahwa seseorang yang hobinya menyalahkan pihak lain maka akan mengalami stres kerja yang tinggi, kinerja dan juga kepuasan kerjanya rendah. Kondisi ini akan membuat orang tersebut semakin tertekan dan masalahnya semakin membesar dan boleh jadi semakin banyak.

Berhentilah menyalahkan orang lain karena itu sumber utama yang menyebabkan masalah Anda tidak kunjung tuntas bahkan semakin membesar. Sadarlah, semua masalah yang datang kepada kita itu karena ulah atau perilaku kita. Secara spiritual, Allah SWT sudah mengabarkan di dalam Al Qur’an surat An Nisa 79 “Kebaikan apapun yang kamu peroleh adalah dari sisi Allah, dan keburukan apapun yang menimpamu itu dari (kesalahan) dirimu sendiri”.

Di ayat ini dijelaskan bahwa semua keburukan yang menimpa kita adalah karena kesalahan diri kita sendiri. Jadi, saat masalah menghampiri kita, segeralah instrospeksi kesalahan atau dosa apa yang sering kita lakukan, jangan justru sibuk mencari kesalahan orang lain. Duduk, merenung, temukan kesalahan Anda. Apabila kesalahannya berkaitan dengan sesama manusia bersegeralah minta maaf. Apabila kesalahan Anda berhubungan dengan Allah SWT, perbuatan dosa, bersegeralah bertaubat.

Mengakui kesalahan, meminta maaf dan bertaubat adalah pintu tuntasnya masalah yang kita hadapi. Sementara menyalahkan orang lain, sibuk mencari kambing hitam dan enggan bertaubat adalah pematik membesarnya masalah yang kita hadapi. Jadi, Anda pilih yang mana ?

Sumber : Jamil Azzaini. CEO Kubik Leadership

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*