Kuliah di MMR UGM

Tulisan ini saya tujukan untuk teman-teman yang ingin lanjut S2 dan ingin kuliah di MMR UGM. Karena seminggu lalu ada inbox ke blog saya yang tanya tentang pengalaman kuliah di MMR UGM. Beliau cari di google dan lihat blog saya yang menulis pernah kuliah di MMR UGM. Bersyukur dan bangga pernah kuliah di MMR UGM adalah perasaan yang saya rasakan hingga saat ini.

Kenapa saya ambil MMR UGM ? Karena sejak SMA saya memiliki cita-cita untuk menjadi direktur rumah sakit. Bahkan alasan ini yang saya sampaikan ke Prof. Adi Utarini saat wawancara masuk S2. Saya anak muda yang baru fresh graduate dengan sangat minim ilmu, prof. Adi Utarini sangat bijak memberikan penjelasan ke saya bahwa untuk jadi direktur rumah sakit harus dokter (peraturan terbaru). Prof. Adi Utarini tidak mematahkan semangat saya dengan mengatakan bahwa saya masih bisa menjadi wakil direktur rumah sakit atau jadi istri direktur rumah sakit. Hihihi

Bagaimana kuliah di MMR UGM ? Saya mengambil jalur reguler. Sistem kuliahnya menggunakan sistem blok. Kuliah dari senin sampai jum’at dari jam 07.00 WIB sampai sore. Sabtu bisa juga kuliah kalau dosen nya dari luar jogja. Kuliah bisa sampai malam kalau dosen nya dari luar jogja. Walau kuliahnya padat merayap tapi tidak terasa bosan dan melelahkan. Karena selalu siap teh, kopi, dan susu di pantri MMR UGM. Kantin buka dari jam 06.30 WIB sampai sore.

Bagaimana dosen di MMR UGM ? Dosen-dosen nya sangat berkompeten dan banyak ilmu. Rugi sangat kalau tidak masuk kuliah karena dosen-dosennya akan selalu cerita pengalaman di rumah sakit. Saya yang belum pernah kerja di rumah sakit jadi tahu dan seperti bisa merasakan kerja di rumah sakit.

Saat menjadi mahasiswa S2 di MMR UGM, saya sarankan manfaatkan fasilitas yang ada seperti bisa mengakses jurnal internasional berbayar. Karena saat nanti sudah lulus S2 tidak bisa lagi mengakses jurnal internasional berbayar.

Untuk teman-teman yang basic keperawatan yang ingin kerja sebagai dosen, saya sarankan untuk tidak memilih S2 di MMR. Karena saat ini untuk menjadi dosen di cari yang linier yang artinya kalau S1 keperawatan maka S2 nya sebaiknya keperawatan juga. Tapi kalau teman-teman keperawatan dan ingin kerja di rumah sakit, sangat dianjurkan memilih s2 MMR UGM. Karena untuk menjadi direktur rumah sakit, setidaknya memiliki basic S2 manajemen rumah sakit.

Jadi saya sarankan, untuk memilih kuliah S2 harus disesuaikan dengan cita-cita ke depan. Semangat kuliah S2 tak akan padam bila ada niat baik dan cita-cita baik ke depan.

Untuk syarat pendaftaran masuk MMR UGM bisa di akses di website MMR UGM

Terakhir, terimakasih tak terhingga untuk dosen-dosen MMR UGM (Prof. Adi utarini, Prof. Laksono, Pak Hanevi, Pak Andreasta, Bu Ari Probandari, Bu Sasi, Bu Susilowati) dan staf MMR UGM (mba aris, mba menik, pak danding, pak didik, pak pram, mas andi). Semoga diberikan kesehatan untuk bapak/ibu dan keluarga. Salam rindu dan hormat saya.

loading...
Share

14 Comments

  1. Hai mba, ada info terkait contact person MMR UGM? Saya mau nanya-nanya terkait program nya yang di jakarta, tp sudah coba telf sesuai no di web belum ada jawaban. Saat telf ke MMR Jogja nya katanya sudah tidak di rasuna said dan pindah ke saharjo bareng MM dan MH. Ada info mba? Makasiii banyak:)

  2. Permisi ingin bertanya, untuk kuiah MMR UGM di jakarta apa ada infonya? jadwal perkuliahan apakah jumat dan sabtu?
    terimakasih

  3. Apakah MMR ugm menerima mahasiswa tubel dari kemenkes ?
    Apakah mahasisws tubel kemenkes bisa ambil jalur paruh waktu jogja ?
    Terimaksih

  4. Assalamu’alaikum.
    Sy Arinta salam kenal yaa..
    Ada beberapa hal yg ingin sy tanyakan:
    1. Akreditasi progam MMR UGM apa?
    2. Gelar untuk lulusannya apakah MMR ataukah MPH?
    3. Apakah ada program kuliah yg hanya weekend saja?
    4. Apakah ada wisma/penginapan di sekitar kampus untuk mahasiswa kelas weekend yg berasal dr luar kota?
    Terimakasih sy ucapkan sebelumnya.
    Wassalamu’alaikum

    • Waalaikumsalam… terimakasih untuk pertanyaannya. Untuk akreditasi, MMR FK UGM mendapat A. Untuk gelarnya MPH. Sedangkan untuk kelas jauh masih ada yaitu kuliah jum’at dan sabtu. Dan untuk penginapan, tepat di depan pintu masuk FK UGM atau di sebelah RS Sardjito telah tersedia juga. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat. Sukses untuk bu Arinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*