Cintailah kebaikan sampai ia hadir mencintaimu

Al Qur’an itu bahasa sehingga bisa dimaknai dari sudut manapun. Surah An Nur ayat 61 sebagai panduan agar hati tak bisa pisah dengan kebaikan maka kebaikan akan selalu bersama kita. Kebaikan adalah sahabat terbaik hidup. Bukan orang baik karena belum tentu bersahabat dengan orang baik adalah kebaikan. Kebaikan adalah sesuatu yang membuat kita menjadi baik.

Kadang kita melihat kehidupan ini secara parsial. Semua bergantung pada sahabat kita. Bila sahabat hidup adalah kebaikan maka dialah sahabat terbaik. Berbaik-baiklah dengan kebaikan karena hanya kebaikan yang bisa memberi yang terbaik untuk hidup kita.

Orang baik belum tentu memberikan yang terbaik untuk kita. Sehingga kita harus membangun persahabatan dengan kebaikan. Banyak orang hidup bersama kebaikan tapi kebaikan tak ingin hidup bersamanya. Persahabatan itu mengenal kata saling (mengenal, memahami, menolong, membebani/menanggung).

Orang baik adalah orang yang hidupnya bermanfaat untuk orang lain. Kalau ingin jadi orang baik caranya adalah berusaha membuat kebaikan itu mencintai kita. Maka ia tidak akan pernah meninggalkan kita. Hanya saja, kita harus membuktikan bahwa kita mencintai kebaikan.

Apakah kita sudah benar-benar mencintai kebaikan? Cintailah kebaikan sampai kebaikan hadir mencintaimu. Cinta kebaikan itu harus bersifat total. Bukti kita telah cinta pada kebaikan adalah

  1. Rindu dengan kebaikan
  2. Bahagia bersama kebaikan. Sejauh mana cinta kita pada sholat menjadi ukuran yang sangat jelas
  3. kecewa ketika tidak bisa jumpa dengan kebaikan
  4. Sedih ketika harus berpisah dengan kebaikan

Bukti bahwa kebaikan telah mencintai kita

  1. Mudah menjumpai dan melakukan kebaikan. Apapun adalah kebaikan sehingga baik itu tidak hanya ketemu orang baik. Dipuji menjadi kebaikan, dihina menjadi kebaikan
  2. Sulit menemukan dan melakukan keburukan

Bani Kinanah dikenal sebagai orang yang tidak bisa makan sendiri. Jadi walau ia masak-masakan yang enak dan tidak ada tamu yang datang maka ia akan menunggu tamu datang. Bila tidak ada tamu yang datang, mereka tidak mau makan. Pesan kebaikan yang bisa diambil adalah kebaikan dalam berbagi.

Sumber : Ust. Syatori. Tadabbur Surah An Nur 61. Masjid Nurul Ashri Yogyakarta

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*