16 Tahun sebagai Ketua RT

16 tahun sebagai ketua RT
16 tahun sebagai ketua RT

Harta yang paling berharga adalah keluarga. Dan malam ini, grup WA keluarga pak Salim Mas’oed heboh bukan karena kiriman video bocil-bocil tapi karena lagi, lagi, lagi dan lagi ternyata Pak Salim Mas’oed terpilih lagi menjadi Ketua RT. Jadi, 16 Tahun Pak Salim menjabat sebagai Ketua RT ?? Kerennya Bu Hartinah sampai bela-belain malam ini juga bongkar berkas laporan pertanggungjawaban keuangan RT dan benar pak Salim menjabat ketua RT sejak tahun 2001. Masyaalloh. Subhanalloh.

Ini semua berawal karena mba Evi yang duluan ngechat “Ketua RT sapa pah akhirnya”. Papa cuma ngechat “Tanya mama. Ketua RT siapa? Hehe”. Mas Nash ikutan ngechat “Mamah siapa ketua RT cakalang?”. Dari jawaban papa sebenarnya sudah bisa di tebak oleh kami anak-anaknya. Mba Evi dengan santai nya ngechat “wkwkwk.. itu mah calon tunggal. gak ada yang mau. jangan-jangan papa rapat sendiri, jadi ketua sendiri, pukul palu sendiri”. Sumpah itu buat saya ketawa baca chat kakak sulung saya ini. Dan papa balas chat “edan kamu evi”. Ya ampun keluarga saya gokil abis..

Sepertinya malam ini mba evi sedang bahagia karena nonton drama korea makanya gila nya muncul. Dia ngechat lagi “Sambil ngomong..baiklah..berhubung tidak ada yang mau jadi ketua RT maka saya putuskan menjabat kembali. Ga usah rapat saja sudah pasti menang. liat daftar absennya coba. pasti nama papa sendirian”. Sumpah nih kakak saya yang paling kurus karena keseringan nonton drakor jadi suka ngedrama.

Nah ada lagi yang bijak tapi nyeleneh. Mas Nash ngechat “jangan gitu.. sejak papa jadi ketua RT toh kita gampang ngurusin surat pindah. Gak ada yang bisa ngidupin kegiatan RT kayak papah, Ubud aja kalah”. Lalu mama kirim foto kegiatan pemilihan ketua RT yang dilangsungkan setelah jalan santai. Om nash kembali ngechat “ini pemungutan suara habis jalan santai, kasih makan? di jampi-jampi tuh. wkwkw”.

Ada yang bisa jelaskan kenapa kira-kira pak Salim menjabat sebagai Ketua RT selama 16 tahun ? Bisa jadi tidak ada bapak-bapak yang mau menjabat sebagai ketua RT. Atau karena pak Salim bagus dalam memimpin warganya ? Disini saya hanya akan bercerita dari sisi anak pak Salim Mas’oed kenapa beliau bisa terpilih sebagai ketua RT selama 16 tahun lamanya. Dan saya yakin ini adalah jabatan terlama yang papa saya emban.

Pak Salim selalu konsisten dalam melaksanakan program kerja sebagai ketua RT. Saya tidak terlalu banyak tahu apa saja program kerja beliau. Tapi yang saya tahu adalah setiap bulan di minggu ke 2 pasti akan ada jalan santai. Dan papa selalu punya cara unik untuk menginfokan jadwal jalan santai. Setelah subuh sekitar pukul 05.30, papa akan menyalakan lagu dan volume di tinggikan agar seluruh warga dengar. Saya sebagai anak pun langsung tahu kalau papa sudah keluarkan tape dan nyalakan lagu itu artinya jadwal jalan santai. Selesai jalan santai akan ada sarapan dan teh panas. Setelah itu, semua warga cek kesehatan di rumah bu bidan (bu haryanto).

Kalau soal arisan jangan ditanya. itu urusan bu Hartinah yang selalu ikut arisan dan pasti kalau pulang dari arisan selalu bawa snack atau makanan miliknya. Itulah bedanya ibu-ibu ama bapak-bapak. Kalau mama, makanan jatah milik mama dikasih anak. Beda ama bapak-bapak yang langsung di makan di tempat. Hahaha.

Pak Salim & Bu Hartinah mengajarkan untuk silaturahim. Selesai shalat idul fitri, kami anak-anaknya pasti malas keliling tetangga karena kami sudah lapar mau makan buras. Tapi kalau pak Salim & bu Hartinah udah jalan ke tetangga depan, otomatis kita ikutan. Dan semua tetangga tanpa dikasih tahu sudah keluar rumah ikutan salaman. Selain itu, kalau ada yang sakit di RS atau meninggal, tetangga harus segera datang karena siapa lagi yang akan menolong kalau bukan tetangga.

16 tahun sebagai ketua RT bukan waktu yang singkat. Pak Salim & bu Hartinah saling mendukung untuk bisa bermanfaat bagi warga. Dan Papa mama selalu mengingatkan kami untuk selalu bantu orang. Cukuplah Alloh SWT yang bantu kami.

Ya Alloh, lindungilah papa mama kami. Sehatkan papa mama kami. Kami anak-anaknya tak ada di rumah untuk menjaga. Mohon jaga mereka. PenjagaanMu adalah yang terbaik.

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*