Memimpin Itu Menderita

Di saat semalam menulis tentang Gubernur Papua, tak menyangka kalau hari ini tepat 100 hari kerja Anies Sandi untuk Jakarta. Bahkan acara mata najwa malam ini pun menghadirkan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta secara live. Yang menarik adalah ternyata pak Anies tambah kurus. Berat badannya turun hingga 10 kg. Jadi mengingatkan saya dengan tulisan teman saya yang mengatakan “memimpin itu menderita”. Pemimpin itu berat sekali.

Menurut tulisan teman saya (IAR) menjelaskan kalau Kyai Haji Agus pernah berkata “memimpin itu menderita”. artinya ketika di daulat menjadi pemimpin maka sejatinya ia harus merelakan pundaknya menjadi terasa berat oleh beban amanah. Selain itu, ia harus menjadi tauladan bagi yang dipimpinnya. Ini adalah sebenar-benarnya beban. Kata Umar bin Khattab “kalau ada seekor domba yang kakinya terperosok lubang di Hadramaut, ia dalam tanggungjawabku. Meskipun lokasi hadramaut itu di Yaman dan itu pun hanya seekor domba”.

Saat teman saya ditanya “ingin menjadi seorang menteri pendidikan atau seorang guru di pelosok nusantara?? Alasannya”. Ia (STR) menjawab “menteri pendidikan!. Berada di posisi politik tinggi artinya kita mempunyai power yang besar untuk melakukan perubahan yang lebih massive dan signifikan demi kebaikan bersama”.

Menurut saya, cukup dengan tahu pak Anies turun berat badannya, bisa terlihat bagaimana beliau memikirkan rakyat Jakarta. Beliau pasti kurang tidur. Bahkan waktu libur pun pasti masih mengurusi warga Jakarta. Anak-anak pak Anies pasti anak yang pengertian. Saya jadi ingat saat pak Salim dan bu Hartinah menjadi pemimpin. Kami anak-anaknya rela libur di rumah dan tidak lebaran keluar kota karena di rumah ada acara open house.

Dear Pak Anies, terimakasih banyak karena Bapak berkenan menjadi Gubernur Jakarta. Terimakasih telah berusaha memberikan yang terbaik untuk warga Jakarta. Seandainya nanti Bapak bisa juga menjadi Gubernur Papua maka mungkin program kerja yang akan bapak utamakan adalah mengatasi KLB campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat.

Semoga Alloh SWT memberikan kesehatan untuk pak Anies dan pak Sandi agar bisa lebih banyak bermanfaat untuk warga Jakarta. Jaga dan lindungi pemimpin kami ya Rabb…

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*