Inovasi Metode Pembelajaran yang Disukai Saat ini

Inovasi Metode Pembelajaran yang Disukai Saat ini

Saat ini banyak sekali metode pembelajaran yang bisa digunakan. Salah satunya yang sangat digemari saat ini adalah metode game based learning. Para trainer ataupun pengajar sudah menggunakan berbagai metode delivery untuk membuat audiensnya bisa mendapatkan hasil terbaik dalam pembelajaran. Salah satunya yang sedang tren saat ini adalah metode pembelajaran dengan game. Seorang trainer / fasilitator tentu dengan metode baru ini akan lebih mudah untuk mencapai tujuan training.

Game based learning adalah metode penyampaian menggunakan permainan dalam proses belajar. Dale Edger melakukan riset tentang metode pembelajaran, menurutnya 90 % proses belajar yang paling efektif adalah simulasi dan praktikum.

Melalui simulasi, peserta belajar akan terlibat dan mendapatkan pengalaman rasa yang luar biasa. Peserta belajar berkesempatan untuk mengeksplor segala kemungkinan dan banyak insight daripada pembelajaran satu arah atau diskusi (dua arah). Salah satu simulasi pembelajaran yang paling banyak digemari saat ini adalah melalui boardgame. Dan banyak penelitian boardgame sebagai sarana pembelajaran atau metode training yang paling alami dan efektif.

Melalui game based learning, peserta dapat melakukan proses transfer pengetahuan, sistematisasi problem solving, eksperimen, belajar dari masa lalu, juga dari sesama.

3 benefit yang Anda peroleh sebagai fasilitator atau trainer setelah memiliki lisensi mengajar adalah mendapatkan upgrade ilmu sebagai fasilitator boardgame, memiliki modul baru, menambah pemasukan.

Sumber : Fariz Syahputra dalam produk knowledge training for Facilitator – Game Based Learning

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*