Bedah buku : Sociopreneur Milenial (Bisnis Berbasis Kolaborasi antara Desa dan Kota)

Sociopreneur Milenial (Bisnis Berbasis Kolaborasi antara Desa dan Kota)

Buku ini cocok untuk menjadi salah satu referensi bagi para pendidik yang mengajar mata kuliah kewirausahaan dan pemberdayaan masyarakat, cocok untuk para wirausaha yang ingin berbasis pemberdayaan, cocok untuk mahasiswa atau generasi milenial yang memiliki jiwa kewirausahaan.  Buku ini terdiri dari 7 bab dengan tebal 276 halaman. Penulis adalah Dwi Indra Purnomo yang merupakan salah satu tenaga pendidik dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian UNPAD. Buku ini terbit pada tahun 2017 dengan penerbit dari Bitread Publishing Bandung.

Bab 1 : Manfaat Pemberdayaan IKM Argoindustri

Pada bab ini, pembaca akan dijelaskan terlebih dahulu tentang apa itu agroindustri, perbedaan UKM (Usaha Kecil Menengah) dan IKM (Industri Kecil Menengah), pemberdayaan masyarakat, ciri-ciri masyarakat yang berdaya, proses pemberdayaan masyarakat, dan pemberdayaan IKM Argoindustri melalui sociopreneurship.

Bab 2 : The Fruters Model dalam Pemberdayaan IKM Agroindustri

Pada bab ini, pembaca akan dijelaskan tentang the fruters model yaitu model atau pola acuan dalam rantai pemberdayaan yang berasaskan pada technopreneurship (teknologi hasil penelitian dirancang dalam bentuk produk bernilai tambah dan diterapkan sebagai penggerak pemberdayaan antara berbagai pemangku kepentingan yang melibatkan akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media sehingga memiliki nilai serta dampak positif yang luas).

Model ini dirancang agar dapat menciptakan pemberdayaan masyarakat mulai dari hulu (pedesaan) sampai hilir (perkotaan). Di Pedesaan yang diberdayakan adalah kelompok tani dan wanita tani yang didampingi untuk mengolah bahan agroindustri agar memiliki nilai tambah tinggi dengan sentuhan teknologi dan mampu meningkatkan nilai tambah produk.

Pada bab ini juga akan dijelaskan hasil nyata yang berdampak positif dari pelaksanaan fruters model yang dirasakan masyarakat luas.

Bab 3 : Profil Umum 5 IKM Agroindustri berbasis Fruters Model

Pada bab ini, akan dijelaskan contoh nyata produk IKM agroindustri yang berbasis fruters model diantaranya Fruits Up. Saya pernah mencoba produk fruits up ini semasa menjadi dosen magang di UNPAD. Fruits up adalah produk mango puree yaitu minuman segar dari buah mangga dan ber-jelly yang diolah hingga menjadi wujud menyerupai bubur. Fruits up ini hanya bisa Anda dapatkan di wilayah Bandung. Belum bisa dikirim ke luar pulau Jawa maupun ke Yogyakarta.

Selain fruits up, akan dijelaskan juga produk Yourgood yaitu minuman yoghurt. Saya juga pernah mencoba minuman yourgood ini yang rasa melon, strawbery dan mocha. Yourgood ini tingkat kekentalannya yang tinggi karena tidak ada campuran air dalam proses pembuatannya. Sehingga lebih murni daripada susu segar. Bersyukurlah warga Bandung yang bisa menikmati Yourgood setiap hari. Saya yang di Yogyakarta hanya bisa memandang hampa instagram yourgood bila rindu melanda.

Produk ketiga yang akan dijelaskan yaitu Sojavu (minuman susu berbahan baku kacang kedelai). Produk ini memiliki tekstur yang kental dan tersedia berbagai jenis varian yaitu natural creamy, coffe, coklat, green tea, strawberry dan pisang. Saya juga sudah pernah coba sojavu ini dan favorit saya yang rasa pisang. Segar, enak dan nagih.

Produk lain yang akan dijelaskan ada entog jenggot yaitu rumah makan kuliner nusantara yang menyajikan menu utama berupa entok (itik serati, itik manila atau mentok). Dan produk yang terakhir adalah rumah makan surga dunia (RMSD). Rumah makan ini mengusung konsep yang uni. Profit bukan menjadi prioritas utama dalam berbisnis melainkan ingin mencari keberkahan dalam setiap produknya dengan menerapkan konsep bayar seikhlasnya bagi yang kurang mampu.

Bab 4 : Kanvas Model Bisnis 5 IKM dalam Konteks Fruters Model

Bagi orang bisnis pasti sudah tak asing dengan kanvas model bisnis. Pada bab ini, dijelaskan secara rinci tentang kanvas model bisnis. Selain itu, pada bab ini juga akan dijelaskan aplikasi contoh nyata kanvas model bisnis pada produk fruits up, yourgood, sojavu, entog jenggot, rumah makan surga dunia. Sehingga pembaca bisa belajar banyak dan mencoba menerapkan pada produknya.

Bab 5 : Perbandingan Kanvas Model Bisnis Kelima IKM

Pada bab ini, pembaca akan melihat perbandingan kanvas model bisnis dari kelima IKM (fruits up, yourgood, sojavu, entog jenggot, rumah makan surga dunia).

Bab 6 : Perbandingan 5 IKM Berdasarkan pola pemberdayaan, kelebihan-kekurangan dan Keberlanjutan Usahanya

Salah satu yang menarik dari bab ini adalah pembaca akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan dari lima produk IKM (fruits up, yourgood, sojavu, entog jenggot, rumah makan surga dunia) dan rencana kedepan.

Bab 7 : Kesimpulan dan Rekomendasi Model Rujukan

Bab akhir ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin berwirausaha dengan berbasis pemberdayaan. Anda akan dijelaskan langkah dalam berbisnis yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

Bagi Anda yang berminat dengan buku ini, bisa memesan langsung ke penerbit Bitread Publishing Bandung di nomor 082320063397 / 083890790002. Untuk harga, mohon maaf saya lupa harganya tapi tidak mahal (harga buku dibawah 100rb).

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*