11 Prinsip Cara Berpikir Orang Kaya

Think and Grow Rich

Buku Think and Grow Rich karya Napoleon Hill ini adalah buku yang sangat legendaris. Buku ini sering dikutip oleh motivator. Buku ini sudah diterbitkan puluhan tahun lalu tapi tetap abadi karena isi buku ini tetap relevan hingga saat ini. Buku ini membahas bagaimana berpikir dan tumbuh sehingga hidup menjadi makmur.

Bagaimana orang-orang kaya itu berpikir dan menggunakan otaknya ? Napoleon Hill adalah seorang penulis dari Amerika telah 20 tahun mewawancarai orang-orang kaya dan hebat di masanya. Kemudian merangkum semuanya dalam 13 prinsip di buku ini.

Pertama, kamu harus memiliki kemauan keras dan berapi-api. Bukan hanya sekedar permintaan tetapi sesuatu kemauan yang dalam hingga membuatmu terobsesi.

Kedua, Keyakinan. Dalam hidup ini berliku-liku. Kadang sesuai dengan rencana namun juga tidak sesuai rencana. tetapi kita harus memiliki keyakinan yang kuat pada tujuan kita dan tetap terus melangkah.

Ketiga, kamu adalah hasil dari pengaruh lima orang terdekat disekitarmu. Kita akan selalu dipengaruhi oleh lingkungan dan apapun yang kita katakan pada diri kita sendiri. Jadi sadari hal ini dan ambil kendali. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif dan selalu memotivasi diri bahwa kamu bisa.

Bagaimana menerapkan prinsip tersebut ? Napoleon Hill memberikan cara yang simple untuk menumbuhkan keinginan yang berapi-api tersebut dengan cara menulis disebuah kartu apa tujuanmu kedepan dengan rinci dan dalam kalimat aktif yang menunjukkan bahwa kamu sudah memilikinya. kemudian baca, hayati dengan perasaan setiap pagi saat bangun tidur dan malam sebelum tidur.

Keempat, keahlian khusus. Tidak ada orang yang kaya hanya dengan pengetahuan dasar. Orang kaya memiliki keahlian atau ilmu yang khusus atau terspesialisasi. contohnya saja dokter umum dan dokter spesialis. Tentu dokter spesialis yang lebih kaya karena ia memiliki pengetahuan dan keahlian khusus yang mahir dalam bidangnya. Apapun yang pikiran kita bisa bayangkan, kita bisa dapatkan. Langkah praktis yang bisa kita lakukan adalah dengan belajar dan terus bermimpi. Fokus dalam bidangmu sendiri dan pertajam dengan spesialisasi. Jangan belajar segala hal yang tidak perlu. Ibarat kaca pembesar yang mengarahkan sinar matahari ke satu titik dapat menciptakan api. Kita harus fokus pada spesialisasi kemudian tetaplah berimajinasi karena ilmu pengetahuan hanya mengajarkan apa yang sudah ada tetapi dengan imajinasi kita bisa menciptakan suatu yang berpengaruh.

Kelima, Kita seperti nahkoda kapal yang sedang menyebrangi lautan luas ke suatu tujuan tertentu. Bagaimana kita bisa mencapai tujuan ? Tentu dengan kompas dan peta. Seperti itulah pentingnya rencana yang terorganisir. Tanpanya kita akan hilang arah dan terbawa arus yang tidak menentu.

Keenam, setiap orang sukses akan mengambil keputusan dengan cepat setelah memiliki planning yang tepat dan segera mengeksekusinya. Apabila diperlukan penyesuaian maka akan dilakukan perlahan tanpa melenceng dari tujuan awal. Ini yang tidak dimiliki oleh orang-orang yang tidak sukses. Bagi mereka lebih suka menunda-nunda dan menunda untuk mengambil keputusan.

Ketujuh, Kegigihan dan sikap pantang menyerah. Apapun yang terjadi tetap melangkah. Langkah yang perlu diambil adalah membuat rencana yang terorganisir untuk mencapai tujuan dengan bantuan pemikiran master mind grup. Lalu diikuti dengan pengambilan keputusan yang tepat untuk take action dan tidak mudah menyerah. Tetap gigih dalam melaksanakan rencana-rencana tersebut.

Kedelapan, pentingnya memiliki master mind grup. Master mind grup merupakan jaringan pertemanan dengan para ahli handal yang kita jaga hubungannya dengan baik dan harmonis yang dapat kita mintai pendapat untuk mencapai tujuan bersama. Satu otak akan menciptakan satu ide tapi dengan dua otak atau lebih maka akan menciptakan otak kelompok yang jika diarahkan dengan baik pada tujuan bersama dapat menggandakan hasil dan kualitas pemikiran.

Kesembilan, memanfaatkan energi seksual untuk penggerak mencapai tujuan. Kerbau atau banteng yang penuh dengan energi dan sangat ganas. Apa yang terjadi setelah mereka di kebiri? mereka menjadi jinak seperti sapi. energinya telah hilang. Energi seksual itu nyata dan sangat dahsyat. Arahkan dan manfaatkan untuk mencapai tujuan.

Kesepuluh, pikiran alam bawah sadar yang selalu aktif merekam kehidupan kita tanpa filter dan mempengaruhi diri kita tanpa kita sadari. Jadi sadarlah akan hal ini dan selalu berpikir positif karena otak yang diberi makan pikiran positif akan menghasilkan diri yang positif. Begitupula sebaliknya. Maka kelilingilah dirimu dengan hal-hal yang baik.

Kesebelas, puncak dari kekuatan pikiran tidak dapat dideskripsikan. Kamu akan tahu jika kamu sudah menguasai prinsip yang lain.

loading...
Share

1 Comment

  1. sangat bermanfaat sekali,
    tapi bisakah mengapload tentang,
    Haruskah kita merubah dunia atau diri kita masing2

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*