Tips Mengatasi Anak Mogok Makan

Tips Mengatasi Anak Mogok Makan
Tips Mengatasi Anak Mogok Makan

Cobalah beberapa solusi ini untuk mengatasi anak kurus dan susah makan berikut ini

  1. Ciptakan suasana santai untuk makan. Agar anak dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya secara maksimal, sebaiknya jangan biasakan anak makan sambil menonton tv atau bermain gadget. Hal itu dapat memecah konsentrasinya saat makan. Biasakan anak makan dan duduk tenang di meja makan bersama Anda. Orangtua juga bisa menjelaskan apa saja yang dia makan saat itu dan manfaat untuk tubuhnya. Dengan begitu anak tidak hanya menambah nutrisi tetapi juga pengetahuan.
  2. Tetapkan jadwal makan yang teratur. Mempertahankan waktu makan yang rutin dan teratur sangat penting bagi anak Anda. Hal ini dapat membuat pola makan mereka menjadi teratur dan dalam jangka panjang hal itu juga dapat membantu penambahan berat badan anak. Disela-sela jam makan, Anda juga bisa menyelipkan beberapa sesi camilan. Namun pastikan bahwa cemilan yang diberikan adalah makanan sehat seperti buah-buahan atau biji-bijian.
  3. Tingkatkan asupan kalori. Beberapa anak dapat dilahirkan dengan kebiasaan dan kemampuan makan dalam jumlah yang sangat kecil. Hal ini biasanya terjadi karena faktor genetik. Jadi menambah jumlah makanan sepertinya tidak akan membantu. Lebih baik Anda memberinya makanan berkalori tinggi untuk penambahan berat. Misalnya seperti produk susu penuh lemak, keju krim, mayones, atau puding yang terbuat dari susu.
  4. Membuat menu makanan yang disukai anak. Cobalah perhatikan makanan seperti apa yang disukai anak Anda. Jika dia menyukai pisang yang dihancurkan, maka beri dia makan dengan cara itu. Berikan dia makanan yang dia sukai dan tepat dengan tahapan usianya. Anda tak perlu khawatir bila anak hanya menginginkan menu makanan yang sama secara terus menerus. Anda bisa mencoba mengganti menunya secara perlahan dan bertahap. Ingat bahwa yang terpenting ialah memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.
  5. Suplemen penambah berat badan untuk anak. Bila anak kurus dan susah makan, tak ada salahnya bila Anda memberikan suplemen penambah badan untuknya. Suplemen vitamin harus mengantung vitamin A, C dan D yang diformulasikan khusus sesuai kelompok umur mereka. Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu tentang suplemen apa yang baik dan aman untuk anak Anda. Mengingat kebutuhan dan kondisi tubuh setiap anak berbeda-beda.

Berikut 5 nutrisi yang sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang anak

  1. Nutrisi Sidat sangat baik untuk kecerdasan anak. Sidat mengandung vitamin B1, B2 dan A yang jumlahnya lebih banyak dari susu sapi. Kandungan zinc dan DHA nya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta fungsi otak terutama untuk kecerdasan anak
  2. Susu kambing juga sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak, kandungannya mirip dengan ASI. Susu kambing bersifat basa seperti ASI, tetapi susu sapi bersifat asam. Kadar pH susu kambing yang ideal menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk bayi, karena juga mengurangi kemungkinan infeksi saluran cerna. Kandungan Riboflavin (Vit B2) dan B3 dalam susu kambing sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang sel otak dan sel sistem saraf.
  3. Madu mengoptimalkan tumbuh kembang anak, meningkatkan daya tahan tubuh dan menyehatkan sistem pencernaan anak. Madu mengandung banyak vitamin yang baik dan dibutuhkan oleh anak. Seperti B1, B2, B3, D, K, E, B5, asam nikotinat dan urin acid. Saat anak-anak, pertumbuhan sel-sel dan organ tubuhnya akan terjadi secara pesat untuk membuatnya siap seiring pertambahan usia. Memberikan madu pada si kecil akan membantu proses pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuhnya menjadi lebih optimal. Kandungan zat besi dan vitamin kompleks dalam madu berkontribusi kuat dalam perlindungan sistem daya tahan tubuh anak-anak. Madu mengandung sejumlah bakteri baik seperti laktobasilus dan bifidobacteria yang dapat melawan bakteri jahat yang masuk dalam usus. Khasiatnya mampu menetralkan dan membersihkan sistem pencernaan agar sistem metabolisme tubuh anak tidak terganggu.
  4. Temulawak efektif meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh anak. Kandungan curcuminoid sangat mampu meningkatkan nafsu makan anak. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE (Public Library of Science), kandungan kurkumin dalam temulawak memiliki fungsi anti peradangan yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu temulawak juga memiliki fungsi antibakteri dan antivirus yang membuatnya semakin ampuh dalam membantu tubuh mencegah terkena serangan penyakit akibat infeksi.
  5. Manfaat daun kelor untuk gizi anak, setara dengan 25 ikat bayam. Kandungan kalium (yang amat baik untuk menjaga kesehatan jantung) pada kelor 3 kali lebih banyak daripada pada pisang? Vitamin A yang tersimpan di daun kelor 4 kalinya wortel. Zat besi daun kelor setara dengan 25 ikat bayam. Vitamin C nya setara dengan 7 buah jeruk. Kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi di daun kelor itu setara dengan 4 gelas susu. Protein daun kelor 2 kali lipatnya yoghurt.

Sumber : tuturmama.id

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*