Tips Ampuh Cara Mengatur Waktu dan Konsisten

Tips Ampuh Cara Mengatur Waktu dan Konsisten
Tips Ampuh Cara Mengatur Waktu dan Konsisten

Masa lalu tidak dapat diatur kembali. Tetapi masa depan yang baik, bisa kita raih dengan cara kita yang terbaik. Mungkin itu kalimat awal yang disampaikan dalam tulisan hari ini. Seberapa sering anda menyia-nyiakan waktu Anda dalam sehari ? Terlihat simpel namun sangat berdampak dalam kehidupan kita sehari-hari. Terutama bagi rekan-rekan affiliate yang berprofesi sebagai pebisnis, pembicara ataupun profesi yang lain.

Sebelumnya, bahasan-bahasan seperti ini memang sering kita dengar, kita tahu, bahkan sudah ada yang menerapkan. Namun kali ini izinkan kami untuk sharing dan berbagi kepada rekan-rekan semua. Waktu bagi sebagian orang mungkin adalah sesuatu yang berharga dalam hidupnya. Banyak diantara kita yang gagal memperoleh atau mengalami sesuatu karena waktu yang tersedia jumlahnya terbatas atau mungkin tidak dapat mengatur waktu, sehingga waktulah yang mengatur hidup kita. Jika sampai demikian, tidak heran banyak diantara kita yang akan mengalami stress.

Apakah kita mau diri kita mengalami stress karena hidup kita diatur oleh waktu ? Jawabannya tentu kita semua tidak mau sampai mengalami keadaan seperti itu. Menurut Hardjana “mengelola waktu dengan baik dapat membantu kita menghadapi stress yang menimpa hidup kita. Nah dalam hal ini, kegiatan mengatur waktu menjadi penting bagi kita dan harus dilakukan oleh setiap pribadi yang ingin hidupnya lebih teratur, terarah, sehat dan terkendali dan tentunya terhindar dari stress. Proses mengatur waktu dimulai dengan mengidentifikasi sejumlah kegiatan yang biasa kita lakukan setiap harinya, dengan kata lain mengidentifikasi kegiatan rutinitas kita setiap harinya. Hal ini akan memudahkan kita mengatur dan mengorganisir setiap kegiatan satu per satu dan menempatkannya pada kuadran waktu yang telah kita tentukan.

Alasan sulit menemukan leads atau closing salah satunya dikarenakan sulit bagi waktu. Memang rutinitasnya sangat padat sehingga tidak ada waktu untuk menemukan target. Setiap pengusaha pasti ingin dagangannya laku, closingnya menghasilkan transferan, betul ? Namun angan tidak semudah seperti apa yang ada dalam pikiran. Banyak penyebab yang membuat kita gagal dalam berusaha, closingan pun jarang, orderan tak kunjung datang.

Ada banyak faktor penyebab gagalnya closing misalnya, calon pembelinya sedikit, sering di PHPin calon pembeli, sulitnya bagi waktu dan masih banyak lagi faktor penyebab gagal closing. Salah satu faktor utama gagalnya closing yaitu karena kita sibuk, apalagi yang nyambi sambil bekerja, sulit mengatur waktu. Oleh karena itu, berikut tips sederhana bagaimana cara mengatur waktu dan konsisten.

  1. Buat target. Target itu tujuan, tanpa target yang jelas kita tidak akan pernah sampai, kita tidak akan kemana-mana alias stagnan terus. Buatlah target yang jelas, tentukan hari ini mau closing berapa. Buatlah SMART goals. Specific (target jelas), Measurable (target terukur), Attainable (dapat dicapai), Realistic (realistis sesuai dengan kemampuan), time (terukur oleh waktu).
  2. Buat rincian kerja harian. Agar tetap konsisten, cara sederhana gar jualan anda closing adalah membuat rincian kerja setiap hari. Sebelum memulai hari-hari anda, sediakan waktu 15 menit, kemudian tuliskan terlebih dulu secara rinci hal-hal apa yang akan harus diselesaikan hari itu. Dengan rincian kerja akan membantu kita tetap fokus.
  3. Menentukan skala prioritas. Setelah kita membuat rincian kerja harian, buatlah skala prioritas, mana yang dianggap penting dan harus dikerjakan dengan segera. “menyegerakan yang wajib, memperbanyak sunnah, mengurangi yang mubah, tinggalkan yang makruh dan campakkan yang haram“. Dengan begitu maka kegiatan kita akan lebih produktif dan closing pun berdatangan.
  4. Komitmen terhadap rincian yang Anda buat. Konsisten dengan apa yang telah ditargetkan, komitmen terhadap rincian yang telah dibuat. Tujuannya agar apa yang sudah dibuat tidak hanya berupa tulisan saja, melainkan berbuah hasil.
loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*