The Healthcare Quality

Buku the healthcare quality book menjadi salah satu buku yang harus dimiliki oleh para laskar mutu. Yang menarik dari buku ini adalah di setiap bab nya akan selalu ada contoh kasus yang disesuaikan dengan judul per bab nya. Jadi buku ini tidak hanya menjelaskan teori melainkan contohnya juga. Sehingga bagi para laskar mutu yang pemula akan bisa belajar banyak dari contoh yang diberikan buku ini dan tidak ada kata menebak-nebak di lapangan seperti apa. Ada hal-hal penting yang saya dapatkan dari penjelasan per bab nya.

Bab 1. Healthcare Quality

  1. Untuk menciptakan budaya improvement harus dimulai dari para petinggi organisasi.
  2. Kurangnya komunikasi antar penyedia layanan adalah masalah besar
  3. Kita perlu belajar dari kesalahan dan keberhasilan
  4. Pelayanan kesehatan yang bermutu harus berasaskan pengetahuan. Pengetahuan tidak hanya berasal dari ilmu tetapi juga dari analisis kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam proses penyampaian pelayanan.

Bab 2. Basic Concept of Healthcare Quality

  1. Untuk memastikan perawatan yang diberikan layak dan dilakukan secara terampil maka harus diuji terlebih dulu hubungan antara hasil dan proses.

Bab 3. Variation in Medical Practice

  1. Infrastruktur organisasi merupakan komponen esensial dalam meminimalisasi variasi, menghasilkan praktik-praktik sesuai standar dan mendukung agenda penelitian terkait peningkatan mutu
  2. Insentif ekonomis eektif mengatasi variasi dalam pelayanan kesehatan dengan memberikan bonus kepada para dokter dan pengelola yang memenuhi target mutu.
  3. Kunci manajemen yang sukses bila dikaitkan dengan variasi adalah mampu mengidentifikasi variasi, membedakan variasi, menentuan nilai variasi dan menerapkan metode yang dapat memanfaatkan keberadaan variasi.

Bab 4. Quality Improvement

  1. Kelangsungan suskesnya organisasi tergantung pada kekuatan dan landasan bangunan dan sistemnya, proses, perangkat dan metode yang dipergunakan untuk menandai taraf kinerja.

Bab 5. Milestones in the quality measurement journey

  1. Berwick menekankan bahwa hasil peningkatan sebenarnya dari interaksi tiga kunci dorongan yaitu keinginan, gagasan dan eksekusi.

Bab 6. Data Collection

Bab 7. Statistical Tools

Bab 8. Physician and Provider Profiling

Bab 9. Measuring and Improving Patient Experiences

Bab 10. Dashboards and Scorecards

Bab 11. Patient Safety and Medical Errors

Bab 12. Information Technology

Bab 13. Leadership for quality

Bab 14. Oganizational Quality Infrastructure

Bab 15. Implementing Quality

Bab 16. Implementing Healthcare Quality Improvement

Bab 17. The Quality Improvement Landscape

Bab 18. Accreditation Role

Bab 19 How Purchasers Select and Pay for Quality

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*