Salah Milih Jodoh Ceroboh, Salah Milih Karir Ngacir

Salah Milih Jodoh Ceroboh, Salah Milih Karir Ngacir
Salah Milih Jodoh Ceroboh, Salah Milih Karir Ngacir

“Ada dua hal yang perlu dipikirkan dengan baik. Karir dan jodoh. Karena lebih dari setengah usiamu akan dihabiskan dengan dua hal ini. Apakah yang hebat dari penciptaan manusia? Bukan cuman karena bentuknya yang sempurna, diciptakan dari tanah, dll. Tapi lebih penting dari itu semua, manusia telah Alloh beri dua hal yang penting, akal dan nafsu. Kedua hal ini yang membentuk irodah (dorongan untuk melakukan sesuatu). Bahasa kekiniannya motivation, motive to action.

Kenapa ada seorang lelaki yang rela menghabiskan uangnya demi wanita yang dicintai ? Kenapa ada seorang ibu yang rela meregang nyawa demi melahirkan buah hati tercinta ? Kenapa ada seorang istri yang rela mengurus puluhan tahun suaminya yang lumpuh ? atau sebaliknya, kenapa begitu kuat tarikan untuk bermaksiat ? Kenapa pacaran itu kayaknya nikmat ? Kenapa ada orang yang  nekad membunuh, bunuh diri, mencuri atau memperkosa ?

Karena manusia, Allah berikan akal dan hati, namun juga ada nafsu. Itulah kenapa dalam Qur’an dijelaskan, “Maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya, sungguh beruntung orang yang mensucikan (jiwa itu). Dan sungguh merugi orang yang mengotorinya.

Surat Asy-Syams, ayat 8-10. Begitu juga perkara jodoh dan rizki. Allah yang Maha Adil, memberikan kita berbagai alternatif. Maka jangan menyalahkan takdir kalau masih belum ketemu jodoh yang tepat, cerai atau karir seperti jalan di tempat.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka” (QS. Ar-Ra’d : 11).

Maka sebelum menikah atau memilih karir, pikirkan matang, musyawarahkan dengan keluarga terdekat atau sahabat, bahkan istikharahkan.

Jangan sampai udah nikah nyesel salah milih jodoh. Cuman karena ga kroscek detil atau udah terlalu cinta.

Jangan sampai udah berkarir lama baru sadar, kayanya saya salah tempat, ga sesuai passion, penghasilan ga naik-naik atau ga ada tabungan yang didapat.

Lalu pertanyaannya : gimana cara memilih karir yang tepat? Gimana menambah penghasilan agar bisa menabung? Investasi apa yang harus disiapkan sebelum menikah ?

Sumber : Furqon Kholid

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*