Reportase Part 1 : Forum IHI ke 26 di Orlando, USA

Hari ini saya akan mengupas tentang acara Forum Internasional IHI. Untuk yang demen ama mutu pasti sangat familiar dengan IHI. Tanggal 7-10 Desember 2014, IHI mengadakan Forum Internasional quality improvement in healthcare yang ke 26 di Orlando, USA. Tiap tahunnya IHI selalu ngadain acara seperti ini di akhir bulan dan di tempat yang sama yaitu di Orlando.

IHI 26 Ruang acara
Ruang Acara Forum IHI 26

Reportase ini saya ambil dari para peserta forum IHI di twitter (cerdas kan saya… hehe). Saya juga ambil dari twitter nya IHI. Maklum di website nya IHI ga bisa di akses acara nya karena harus log in. Cukup dengan nulis hastag IHI 26 forum (#IHI26Forum) keluar semua yang peserta IHI ingin bagi di twitter mulai dari ngetwit foto persentasi pembicara, selfie peserta, twit quote pembicara yang bagi peserta ini nih inti nya. Setidaknya dari situ, kita yang ga ikut acara bisa tetap tahu isi acara walau sedikit. Hehe Semangat memfilter karena buayak banget yang ngetweet tentang acara ini. Jadi saya akan pilih yang menurut saya menarik saja ya.

Berikut beberapa tulisan dari peserta maupun pembicara IHI ke 26 yang telah menuliskan sedikit isi atau inti atau ide penting (bahasa enaknya reportase) yang mereka dapatkan saat mengikuti acara IHI di blog mereka.

1. ANDS

ANDS IHI 26
Sumber : @drsusanshaw : “The four ANDS that will help us thrive as we improve health and healthcare worldwide”

Penulis Fiona McKenzie dalam blog nya UCL Partners membahas tentang ‘ANDS’ yaitu meningkatkan kesehatan & pelayanan kesehatan, mengurangi biaya & meningkatkan mutu, kegembiraan bagi pasien & kegembiraan bagi staff, Sehat dan peduli di awal dan akhir. Fiona juga menuliskan tentang pepatah Cina yang disampaikan oleh pembicara. Pepatah Cina ini menarik bagi saya sehingga saya ingin menuliskannya. “Tell me and I will forget; show me and I may remember; involve me and I will understand.” Bener banget.. kalau bahasa saya, untuk bisa memahami harus merasakan dulu.

2. A Sketch on (health) knowledge

health knowledge
Sumber : @drsusanshaw

Di tweet berhastag #ihi26forum, saya tertarik pada gambar dibawah ini. Gambar ini diambil dari twitter @drsusanshaw (mungkin istrinya charles shaw.. hehe ais ngarang). Saya lebih tertarik poin tentang share yaitu social media has revolutionized. Bener banget bahwa media sosial sekarang adalah salah satu cara yang efektif dan efisien dalam menyebarkan pengetahuan. Saya masih ingat saat mengurus website. setiap hari (sebelum jam 7 pagi) saya akan langsung share berita atau artikel di web saya ke media sosial. Karena saya tahu waktu efektif orang membuka media sosial adalah pagi hari sebelum bekerja. Dan alhasil kunjungan website langsung naik. Selalu percaya kata orang dulu bahwa harus bangun pagi biar rejeki nya ga di patok ayam. Hehe

3. Six Wastes in Healthcare

6 waste in healthcare
Sumber : @LRussellWolpe

Dari tweetnya, @LRussellWolpe menulis 6 wastes in healthcare: Untimely, Inequitable, Not Patient centered, Inefficient, Ineffective,Unsafe. Maaf kalau gambar nya tidak jelas terlihat. kalau save gambarnya langsung dari twitternya bisa kebaca tapi setelah saya upload di blog kok jadi kecil. Hehe maklum masih taraf belajar nulis di blog.

4. Don Berwick

Saya menuliskan poin no 4 adalah Don Berwick. Karena beliau adalah pakar nya mutu. Semua orang mutu pasti tahu tentang beliau. Termasuk saya yang benar-benar terpukau oleh kecerdasan, idealisme dan ketegasan nya terhadap mutu. Saya ingin bisa seperti beliau menjadi ahli bidang mutu. Aamiin.

Banyak sekali tweet dari peserta yang membahas tentang persentasi Berwick. Quote dari Berwick langsung peserta tulis dalam twitternya. Sehingga kita bisa tahu apa saja yang berwick katakan. berikut saya kutip kata-kata Berwick dari tweet para peserta IHI.

a. “Let’s stop the bullet” we need to restore justice and equality

b. “3 BIG STEPS to improvement : Lower costs, broaden engagement, vote,”

c. ‘The biggest impediment to change is the inertia of the status quo’

d. “We have seen some progress on The Triple Aim but this is not a drill” 

e. Analysis of “High utilizers” of Medicaid shows…trauma

trauma

 

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*