Ramadhan Bulan Keluarga

Ramadhan bulan Keluarga

Ramadhan adalah tamu yang agung dimana kita mengharapkan hasil yang baik. Ayat-ayat tentang Ramadhan yang sering dibaca Al Baqarah 183-187 sejatinya memuat tentang 4 hak yang wajib dipenuhi selama Ramadhan. Pertama, hak Alloh. Hak Alloh menjadi prioritas pertama seperti yang tertuang pada Al Baqarah ayat 183. Kedua, hak masyarakat khususnya fakir miskin dan dhuafa (Al Baqarah 184). Jangan sampai buka puasa paling mewah. Ketiga, Hak diri dengan berdoa kepada Alloh. Diri memiliki hak memohon kepada Alloh dengan sungguh-sungguh. Keempat, hak keluarga (Al Baqarah ayat 187). Kebaikan seorang manusia diukur dari keluarga terdekatnya.

Sehingga saat ramadhan, berikan hak pasangan daripada hak anak. Tiga jenjang menjadi orangtua hebat adalah beres dengan masalah diri sendiri dan menjadi pasangan yang hebat (harmonisnya suami istri adalah magnet yang membuat anak betah dirumah). Suami yang cuek atau tidak mendengarkan keluh kesah istri akan berdampak pada pengasuhan anak. Istri yang terabaikan berdampak pada pengasuhan anak yang rusak. Ketika wanita sudah mulai membangkang tersebab karena pengabaian/jarang ditegur/jarang disapa.

Wanita diciptakan dari tulang rusuk. Filosofi tulang adalah pertama, bila dikeraskan akan patah. Jadi bila suami keras terhadap istri maka akan mematahkan cinta. Mungkin istri bisa memaafkan tapi ia akan sulit melupakan.  Kedua, kalau dicuekin akan bengkok (ketidaktaatan). Sehingga perbaiki ramadhan dengan kebersamaan (makan bersama dengan pasangan).

Pintu-pintu penyebab keberkahan dicabut dalam rumah tangga karena jarang makan bersama, dan menyebut nama Alloh agar menjadi berkah. Moment ramadhan, Alloh memaksa makan bersama (sahur). Perusak kebersamaan adalah kebiasaan mencuri start saat sahur, jangan bicara yang sia-sia.

Salah satu kerusakan dalam rumah tangga karena sering bangun kesiangan seluruh penghuninya, jarang sholat subuh di Masjid bagi bapaknya, ibu yang kebablasan tidur setelah sholat subuh karena kecapean. Anak yang bermasalah terapinya saat Ramadhan.

Biasakan sholat berjamaah subuh, kebersamaan keluarga dilanjutkan dengan kebersamaan dalam masyarakat lewat sholat berjamaah. Keberkahan yang berlimpah dalam keluarga yaitu sahur, makan bersama, bangun pagi dan sholat berjamaah. Bila keempat ini dilakukan maka kita sedang mengusir kotoran dalam rumah.

Yang dicari dari rumah tangga adalah keberkahannya. Masalah rumah tangga bukan karena tidak mampu komunikasi dan tidak paham ilmu parenting melainkan karena tidak berkah.

Sumber : Ust. Bendri Jaisyurrahman. Ramadhan Bulan Keluarga. 16 Mei 2016

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*