Raja Dzulkarnain, Potret Pemimpin Terbaik

Kisah Dzulqornain adalah kisah terbaik tentang raja-raja. Dzulqornain adalah Raja yang sholeh. Hidupnya dihabiskan untuk berdakwah dan mengajak kepada tauhid. Al Qur’an tidak terlalu banyak menceritakan kisahnya. Raja ini keliling dunia selama 500 tahun. Al Qur’an hanya menyebutkan 3 perjalanan Dzulqornain.

Surah Al Kahfi turun dimasa sangat sulit dan jawaban masa kesulitan adalah 4 kisah dalam surah Al Kahfi. Satu dari kisah tersebut adalah Dzulqornain sebagai kisah penutup. Mengapa kisah Dzulqornain muncul di masa sulit Rasulullah SAW? Kenapa Alloh ceritakan Dzulqornain ke Nabi Muhamamd di masa sulit ? Masa sulit saat itu Rasul di caci maki, dihina, hingga ada sahabat yang menjadi korban. Solusi atas masa sulit itu adalah kisah Dzulqornain. Kisah Dzulqornain ingin menyampaikan ke Rasul bahwa “kamu memang sulit tapi suatu hari engkau akan seperti Dzulqornain yang kekuasaanmu dari timur hingga barat bumi ini”.

Dalam surah Al Kahfi ayat 83 “mereka akan bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Dzulkarnain. Katakanlah “Aku akan bacakan kepadamu cerita tentangnya”. Alloh telah memberi kekuasaan kepada Dzulkarnain di muka bumi, dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu (Al Kahfi ayat 84).

Perjalanan pertama Dzulqornain sampai ke terbenamnya matahari. Ia bertemu dengan masyarakat tidak beriman / kafir. Dan Dzulqornain diperbolehkan untuk menyiksa karena tidak beriman atau perlakukan dengan baik. Dzulqornain menjawab adapun yang dzolim maka akan menghukumnya. Sedangkan orang yang beriman dan beramal sholeh maka semua urusannya akan dipermudah.

Dzulqornain berada di daerah yang tidak ada tempat berlindung atau masyarakat tidak menggunakan pakaian. Dzulqornain berlaku yang sama seperti bertemu masyarakat yang tidak beriman / kafir.

Dzulqornain tiba di antara dua gunung dan menjumpai masyarakat yang tidak memiliki ilmu. Mereka berkata akan membayar Dzulqornain untuk membuatkan mereka dinding dari kerusakan Ya’juj dan Ma’juj. Dzulqornain menjawab apa yang Alloh berikan jauh lebih baik dari apa yang ingin diberikan masyarakat tersebut. Namun bantu Dzulqornain dengan kekuatan kalian untuk membuatkan dinding. Pemimpin tidak harus memenuhi yang diminta oleh masyarakat tapi berikan sesuatu yang lebih dari yang diminta masyarakatnya.

Sumber : Ustad Budi Ashari. Kajian Kisah Dzulqornain Potret Pemimpin Terbaik

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*