Pentingnya Emosi dalam Membangun Budaya Perusahaan

Pentingnya Emosi dalam Membangun Budaya Perusahaan
Pentingnya Emosi dalam Membangun Budaya Perusahaan

“Amarah tidak pernah datang tanpa alasan, tapi jarang sekali berwujud alasan yang baik” (Benjamin Franklin). Amarah adalah salah satu jenis emosi manusia, di samping puluhan jenis emosi lainnya seperti rasa menyesal, sedih, benci, gembira, semangat, kecewa dan sebagainya.

Hati-hati Anda menjadi seorang pemarah. Karena kebanyakan kasus marah tidak menghasilkan sesuatu yang positif, malah memperburuk keadaan. Apalagi jika seorang pemimpin memiliki sifat pemarah, ia tidak hanya menghancurkan dirinya, tapi juga tim bahkan organisasi yang dipimpin.

Donald Trump adalah pemimpin pemarah dan tanpa visi. Ia gagal mengenali bahwa amarah politik tidak bisa disamakan dengan program politik. Berkali-kali komentarnya yang pedas dan serabutan membuat dirinya tidak terlihat sebagai pemimpin hebat yang memimpin sebuah negara adikuasa. Bukan hanya lawan politik saja, tapi rakyat Amerika, para pemimpin dunia dan sebagian besar penduduk dunia menjulukinya sebagai si “tukang pemarah”.

Sebenarnya amarah adalah salah satu kecerdasan emosional yang jika bisa dikendalikan dapat menghasilkan hal positif. Emosi merupakan hal yang penting dalam kepemimpinan. Salah satu alasannya yaitu pemimpin dapat memanfaatkan dan mengarahkan kekuatan emosi untuk memperbaiki kepuasan diri tim, moral dan motivasi akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*