Manajemen Finansial dan Kemandirian rumah tangga baru

Manajemen Finansial dan Kemandirian rumah tangga baru

Manajemen finansial bagi keluarga muslim harus dilandasi dengan prinsip keyakinan bahwa pemberi rezeki dan penentu kadarnya adalah Allah. Rezeki ini dijemput dengan usaha yang diniatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, agar seluruh anggota keluarga dapat beribadah dengan optimal.

Prinsip keyakinan tersebut akan mendorong keluarga muslim untuk memiliki komitmenn yang sangat tinggi dalam memprioritaskan hanya penghasilan halal yang membawa berkah dan menghindari penghasilan haram yang membawa petaka bagi diri dan keluarga.

“Daging yang tumbuh dari harta haram tidak akan bertambah kecuali neraka lebih pantas baginya” (HR. Tirmidzi)

Secara prinsip, fitrah kewajiban memberikan nafkah merupakan tanggung jawab suami sheingga wajib baginya untuk menempuh usaha yang halal. Sedangkan bagi istri, kewajibannya adalah mengelola nafkah yang telah Allah titipkan melalui suami.

Maka salah satu tugas yang mengikat pada peran sebagai seorang suami adalah sebagai penjemput naffkah (setelah tugas utama yang prioritas yaitu mendidik istri dan anak-anak)

Dan salah satu tugas yang mengikat pada peran sebagai seorang istri adalah sebagai pengelola nafkah tersebut / pengelola keuangan keluarga.

“Sebaik-baik harta adalah yang dikelola oeh orang yang berkepribadian sholih (amanah dan profesional)”

Meski demikian, suami tetap boleh membantu istri dalam mengajarkan pengelolaan keuangan yang benar. Pun istri boleh juga membantu suami dalam menjemput nafkah dengan syarat tugas utama yang paling prioritas dari Allah untuk mendidik anak melalui “tangan sendiri” tetap ditunaikan dengan kualitas sangat baik. Tugas prioritas, tidak boleh tertukar.

Dalam menjemput rezeki, prinsipnya adalah memenuhi syarat sebagai orang yang bertakwa.
“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya” (QS. Ath Tholaq ayat 3)

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*