Makna Surat Al Kahfi Ayat 22

Makna Surat Al Kahfi Ayat 22

Jika engkau ingin Alloh berdialog denganmu, bacalah al qur’an. Membaca qur’an memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan berdoa. “Barangsiapa disibukkan dengan al qur’an sedemikian sibuknya hingga tidak sempat meminta (berdoa), Kata Alloh ‘akan AKU berikan untuknya sebaik-baik yang diminta oleh orang-orang yang meminta” (Hadits Qudsi).

Jadilah sahabat Al qur’an. Sahabat adalah sangat boleh jadi akan menyampaikan kepada sahabatnya sesuatu yang tidak pernah disampaikan kepada orang lain namun mau menyampaikannya kepada sahabatnya. Jadi bila kita shahibul qur’an maka boleh jadi Alloh akan bukakan untuk kita rahasia-rahasia al qur’an yang tidak dibuka pada yang belum jadi shohibul qur’an.

Al qur’an menyimpan banyak sekali rahasia yang hanya bisa dibuka dan dipahami oleh shohibul qur’an. Ada satu huruf dalam Surah Al Kahfi ayat 22 yang menjadi rahasia yaitu huruf “Wa”.

Cara menjadi sahabat qur’an adalah memperbanyak interaksi bersama al qur’an, ikhlas berinteraksi dengan al qur’an, dan yakin dengan al qur’an. Keraguan ada dua macam yaitu ragu yang Haq seperti ragunya Nabi Ibrahim AS dalam surah Al Baqarah ayat 260. Ragu yang Batil karena kecurigaan dan buruk sangka seperti kisah Kaum Nabi Luth. Alloh menyediakan kepada kita kesempatan-kesempatan untuk menunjukkan keyakinan kita kepada al qur’an.

Dalam ayat ini, Alloh yang Maha Mengampuni dan Memiliki Rahmat. Dua hal yang tidak akan terpisah dari kehidupan manusia sebab kehidupan manusia tidak pernah lepas dari buruk dan baik. Contoh menolong orang namun orang yang kita tolong melakukan hal yang tidak kita sukai. Lapang atau kecewa ? Bila kecewa maka belum mendatangkan rahmat Alloh. Sebenarnya kepentingan kita menolong orang untuk apa? Setiap kebaikan akan meninggalkan jejak rahmat Alloh.

Tanda amal baik seseorang itu mengundang rahmat Alloh adalah ia kembali melakukan amal kebaikan itu dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya. Sejatinya, kita tidak mungkin melakukan amal yang lebih baik tanpa rahmat Alloh. Hidup ini tidak cukup hanya sekedar menjadi orang baik melainkan menjadi orang yang lebih baik. Lakukan segala amal kebaikan karena kita ingin mendapatkan rahmat Alloh. Maka hasilnya akan lain dengan orang yang hanya sebatas menggugurkan kewajiban atau maksud yang lain. Manfaat bila melakukan amal kebaikan untuk mendapatkan rahmat Alloh ? kelembutan hati sebelum beramal. Alloh akan hadirkan untuknya yang tidak dirasakan oleh orang yang tidak ingin mendapatkan rahmat Alloh. Dua, bahagia di dalam beramal. Tiga, akan dekat dengan Alloh dan istiqomah dalam beramal.

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*