Lingkungan Keselamatan Pasien

Lingkungan Keselamatan Pasien
Lingkungan Keselamatan Pasien

Garis antara Quality Improvement (QI) dan keselamatan pasien (patient safety) menjadi tidak jelas selama keselamatan pasien dapat diasumsikan dibawah payung QI karena tidak semua upaya kualitas mempertimbangkan peningkatan keselamatan pasien. Sedangkan penurunan kesalahan medis dan kejadian merugikan (Adverse Events) merupakan faktor penting dalam meningkatkan keselamatan pasien, akses pada perawatan, penggunaan berlebihan dan penggunaan diluar pelayanan.

IOM menggunakan definisi berikut ini dalam mengarahkan perhatian keselamatan pasien.

Kesalahan Medis merupakan kesalahan ketika melengkapi tindakan terencana seperti yang dimaksudkan atau melakukan rencana yang salah untuk mencapai tujuan. Kesalahan medis dapat dikategorikan sebagai perbuatan kelalaian dan kesalahan komisi. Contoh kesalahan dan kelalaian adalah tidak memberikan pengobatan resep pada pasien atau tidak melaksanakan prosedur. Kesalahan komisi meliputi memberikan dosis obat yang salah pada pasien.

Kejadian Merugikan merupakan cedera yang disebabkan oleh manajemen medis dari penyakit atau kondisi pasien yang mendasari.

Keselamatan Pasien merupakan bebas dari cedera kebetulan; meyakinkan keselamatan pasien dengan melibatkan pembuatan sistem operasional, meminimalisir kemungkinan kesalahan pada proses dan memaksimalkan kemungkinan penangkapan bila terjadi.

Laporan ini menggunakan istilah keamanan pasien dalam mendiskusikan serangkaian praktek yang dapat digunakan oleh UM (Manajemen Penggunaan) untuk secara sistematis mengurangi kesalahan komisi dan kelalaian dan untuk memaksimalkan kelalaian menangkap kesalahan.

Sejumlah penelitian baru-baru ini telah berfokus pada hubungan antara staffing perawat dan hasil pasien sedangkan sedikit yang mengarahkan pada lingkungan kerja perawat (Hall, 2002).

Pengaturan kerja kualitas bagi keperawatan adalah mereka yang menekankan:

  • Keamanan tempat kerja
  • Kepuasan pribadi
  • Kerja tim
  • Beban kerja yang masuk akal
  • Lingkungan fisik yang cukup (McGillis, 2005)

Mendefinisikan Praktek Keselamatan Pasien: Bekerja erat dengan AHRQ dan Forum Nasional bagi Pengukuran dan Pelaporan Kualitas (Forum Kualitas Nasional atau NQF) partnership puplik-pribadi yang didirikan di tahun 1999 untuk mendukung agenda kualitas perawatan kesehatan EPC memulai kerjanya dengan mendefinisikan praktek keamanan pasien sebagai:

Tipe proses atau struktur yang aplikasinya mengurangi kemungkinan kejadian membahayakan yang dihasilkan dari penyingkapan pada system perawatan kesehatan lintas serangkaian penyakit dan prosedur.

Definisi ini konsisten dengan kerangka konseptual dominan pada keamanan pasien yang memegang perubahan sistemik itu akan jauh lebih produktif dalam mengurangi kesalahan medis dari pada mentargetkan dan menghukum penyedia individu. Focus definisi pada tindakan yang memintas penyakit dan prosedur juga mengikuti penelitian untuk membedakan kegiatan keamanan pasien dari praktek peningkatan kualitas yang lebih ditargetkan (misalnya praktek yang didisain untuk meningkatkan penggunaan hambatan beta pada pasien yang dimasukkan ke rumah sakit setelah mengalami myocardial infarction). Editor menyadari, akan tetapi bahwa perbedaan ini tidak tetpat (AHRQ, 2001).

Keamanan pasien merupakan perhatian penting. Banyak stakeholder perawatan kesehatan, termasuk pasien, penyedia,pimpinan, rencana dan jaminan kesehatan. Studi kualitatif ini didisain untuk menguji program peran Manajemen Penggunaan saat ini dalam mempromosikan kemanan pasien dan untuk mengidentifikasi strategi melalui UM mana yang dapat meningkatkan keamanan pasen dalam system perawatan kesahatan. URAC menerima hadiah dari Foundation Robert Wood Johnson untuk menguji perpotongan perusahaan UM untuk memahami lebih baik pendekatan mereka untuk secara sistematis mengidentifikasi dan menginvestigasi masalah keamanan pasien potensial. URAC mempresentasikan hasil mula-mula bagi kelompok pemimpin industry untuk mencari rekomendasi yang diperlukan untuk memudahkan peran UM dalam keamanan pasien (URAC, 2003).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*