Ledakan Konsumen Kelas Menengah

Ledakan Konsumen Kelas Menengah

Kita akan ulas sebuah buku menarik berjudul konsumer 3000 (revolusi konsumen kelas menengah Indonesia). Buku karya Yuswohady ini menarik karena menceritakan ledakan kelas menengah di Indonesia yang ditandai dengan 3 ledakan yaitu alfamart/indomaret, android dan vario ada dimana-mana. Inilah salah satu gejala yang bisa diamati dari ledakan kelas menengah. Penulis mengambil baseline bahwa GDP per kapita Indonesia saat buku ini ditulis sudah menembus USD 3000 per tahun. Inilah yang melatarbelakangi judul konsumer 3000. Nilai ini lumayan masif dengan pendapatan orang di Indonesia yang USD 3000 per tahun.

Golongan kelas menengah Indonesia yang pendapatannya sudah ada di angka USD 3000-3400 per tahun berjumlah 160 juta. Jadi lebih setengah jumlah penduduk Indonesia sudah memasuki kelas menengah. Inilah yang membuat adanya ledakan kelas menengah. Konsumsi kelas menengah Indonesia adalah salah satu pilar paling kunci dari ekonomi bangsa ini. Data menunjukkan bahwa elemen konsumsi Indonesia menyumbang lebih dari 50 % PDB (Produk Domestrik Bruto) Indonesia. Jadi PDB disumbang oleh konsumsi, investasi dan kinerja pemerintah. Dan sektor konsumsi menyumbang paling besar. Lalu apa konsekuensinya ?

Ketika anda memiliki 160 juta penduduk yang makmur atau daya beli nya tinggi maka sebaiknya anda bisa bergerak meraih peluang tersebut. Caranya dengan memiliki usaha sampingan. Kalau anda sebagai seorang karyawan yang gajinya sudah lumayan baik, anda sisihkan tabungan anda untuk menekuni usaha sampingan. Selain berbisnis, bisa berinvestasi seperti properti, resakdana. Ada sebuah studi menunjukkan kalau sebuah negara pendapatan per kapitanya sudah mencapai lebih dari USD 3000 maka negara itu akan mengalami lompatan / gelombang kemajuan. Maka do something. Jangan hanya dipikir dan dianalisa. Nikmatilah gelombang kemajuan ini.

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*