Kiat Menjadi Manusia Super Produktif

Kiat Menjadi Manusia Super Produktif

Kali ini saya akan membedah buku karya Chris Bailey yang berjudul “the productivity project”. Buku ini membahas bagaimana caranya kamu menjadi insan yang super produktif. Bayangkan kalau kamu bisa menjadi manusia yang super produktif maka kamu akan menjadi cetar membahana hidupnya. Lalu bagaimana caranya menjadi manusia yang super produktif ? Kamu harus memanage your time, your attention, your energy. Tiga komponen ini yang harus di ramu supaya menjadi manusia yang super produktif.

Your Time. Kamu harus mengetahui waktu-waktu dimana kamu merasa mood kamu paling bagus. Misalnya saya yang selalu merasa bahwa jam 04.30 – 07.00 pagi adalah prime time saya. Kalau kamu sudah menemukan biological prime time kamu maka alokasikan tugas-tugas yang maha penting di waktu prime time tersebut.

Your Attention. Di dunia smartphone, attention menjadi masalah karena attention kamu mudah terdistraksi oleh notifikasi handphone kamu (WA, FB, IG). Kelolalah attention kamu dengan mengoffkan atau silent handphone kamu. Selain itu, saat malam sebelum kerja esok hari, list 3 hal penting yang akan dikerjakan di hari itu. Jadi kamu memiliki prioritas. Setiap hari lakukan terus seperti itu. Nanti saat sore, kamu cek apakah 3 hal penting tersebut sudah dilaksanakan atau belum. Gunakan prinsip pareto untuk mengetahui 3 hal penting tersebut yaitu 20 % tugas menentukan 80 % output. Jangan melakukan hal-hal yang tidak begitu prioritas misal meeting tidak jelas, sibuk main smartphone, sibuk chatting grup WA. 3 hal penting tersebut diurutkan mana yang paling penting, paling prioritas dan dilakukan di prime time kamu.

Your Energy. Berbagai riset menunjukkan bahwa kamu hanya akan menjadi manusia produktif bila melakukan 3 hal ini yaitu tidurnya cukup dan nyenyak (4 jam – 7 jam), olahraga / bergerak dan rajin tafakur/meditasi (10 menit) . Tidur adalah harta karun yang sangat luar biasa. Kalau kamu tidurnya nyenyak, kamu akan menjadi produktif. Ada penelitian di Harvard bahwa bila kamu duduk terlalu lama di kantor, maka kamu akan meninggal muda. Tafakur melatih otak menjadi semakin tajam.

Pages

Posts by category

My Templates

Ads

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*