Keterampilan Masa Depan yang Perlu Dimiliki

Keterampilan Masa Depan yang Perlu Dimiliki

Institusi pendidikan kerap kali abai dengan sisi manusia, abai pada tahapan-tahapan tumbuh manusia serta bagaimana menyiapkan mereka di masa datang.

Pendidikan tinggi memang hadir dengan aneka riset, hanya sebagian besarnya berupa menara gading, lupa membumikannya. Sisi lain, ia juga melaksanakan proses pendidikan berdasarkan banyaknya SKS yang terselesaikan hingga abaik esensi dasarnya bahwa kita sedang membangun manusianya, bukan semata membangun produknya.

Perdebatan kerap kali hadir, merumuskan kurikulum terjebak tataran teknis, lupa fundamental & filosofi dasar. Sering kali merancang aneka macam topik seperti layaknya menjahit jain perca. Selimutnya memang jadi, tapi bentuknya tak jua jelas. Generasi mendatang perlu didampingi dan dirancang melalui proses pendidikan yang baik.

Prof. Rhenald Khasali mengingatkan ketrampilan masa depan yang perlu dimiliki yaitu

  1. Technological Intelligence. Anak muda saat ini terlahir lekat dengan teknologi. Kemampuan penguasaan teknologi yang lebih kompleks kedepannya perlu dijaga
  2. Contextual intelligence. Banyak bekerja di belakang teknologi, seringkali jadi tidak paham konteks, keterampilan berpikir kritis yang perlu dilatih sungguh-sungguh.
  3. Social & Emotional Intelligence. Saat anak-anak yang sedari dini aktif di depan teknologi perlu meningkatkan kecerdasan fungsi sosial dalam merespon/menghadapi lingkungannya dengan beragam perilaku
  4. Generative Intelligence. Menangkap kesempatan atau peluang & memanfaatkan momentum.
  5. Explorative transformational. Kemampuan eksplorasi berbagai kesempatan & bertransformasi, memiliki ketahanan bereksplorasi & membawa perubahan yang lebih baik
  6. Moral Intelligence. Kecerdasan fundamental dalam menggunakan nilai-nilai yang berlaku secara universal untuk mencapai puncak yang tertinggi pada peranan yang ia pilih.

Pada akhirnya kecerdasan-kecerdasan ini akan melahirkan integritas, dapat dipercaya dengan karakter yang kuat.

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*