Keistimewaan Surat Al Fatihah

Keistimewaan Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah disepakati oleh ulama berjumlah 7 ayat dan diturunkan sebelum Nabi hijrah ke Madinah. Jadi ada surat-surat yang diturunkan sebelum Nabi hijrah dan setelah Nabi hijrah. Surat yang diturunkan sebelum Nabi hijrah ke Madinah maka suratnya dinamakan surat Makiyah atau surat-surat yang diturunkan sebelum Nabi hijrah. Adapun surat yang turun setelah Nabi hijrah dinamakan surat Madaniyah.

Dalam surat ke Al Hijr ayat 87 “Dan sungguh, Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang (dibaca) berulang-ulang. Dan Al Qur’an yang agung”. Alloh mengkhususkan surat Al Fatihah dibandingkan surat-surat lainnya. Surat Al Fatihah, kandungannya tidak akan pernah ditemukan pada surat sebelumnya yang diturunkan pada kitab-kitab sebelumnya. Jadi tidak akan ditemukan di Injil, Taurat, Zabur. Surat Al Fatiah di khususkan pada Rasul yang istimewa.

Keistimewaan surat Al Fatihah ada dua yaitu kandungan surat ini tidak diturunkan pada kitab sebelumnya dan kedua akan terus diulang-ulang. Dan tidak pernah ada orang yang bosan membacanya. Abu Said Al Mua’ala digenggam tangannya oleh Nabi dan berkata “Akan aku ajarkan padamu hari ini satu surat yang sangat istimewa dan tidak pernah ditemukan dalam injil, taurat, zabur” Lalu dibacakan oleh Nabi surat Al Fatihah (HR. Al Bukhari 4474).

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*