Cara Membangun Mindset Optimis

Cara Membangun Mindset Optimis

Orang yang memiliki mentalitas optimis itu cenderung akan jauh lebih sukses daripada mereka yang memiliki mental pesimis. Inilah sedikit isi dari buku legendaris yang bagus berjudul Learned Optimism karya Martin Seligman. Martin Seligman dikenal sebagai salah satu pakar psikologi. Dari studi empirik yang dilakukan Martin Seligmen menemukan fakta bahwa orang-orang yang optimis itu beberapa tahun kemudian cenderung kehidupannya akan jauh lebih sukses dibandingkan orang-orang yang pesimis.

Menurut Martin Seligman, orang-orang optimis itu berfokus pada peluang dan solusi. Jadi ketika mereka menatap masa depan, mereka berfokus pada peluang apa yang bisa direbut dan solusi apa yang bisa dilakukan. Mereka yang memiliki mentalitas peluang dan solusi ini maka mereka akan jauh lebih aktif, bergerak untuk menjemput peluang itu.

Sebaliknya orang-orang yang pesimis itu berfokus pada problem, problem dan problem. Jadi orang yang pesimis itu melakukan banyak analisa yang cenderung negatif. Pikirannya dipenuhi dengan keraguan dan ketidak yakinan. Jadi kata-kata yang sering muncul dari orang yang pesimis adalah problem/kendala/kesulitan bukan solusi. Sehingga pola pikir seperti itu kadang-kadang membuat orang pesimis itu menjadi lamban bergeraknya bahkan tidak bergerak sama sekali maka mereka stagnan. Pada akhirnya nasibnya nyungsep.

Saran dari Martin Seligman adalah kita harus membangun mental optimis yang berfokus pada solusi. Dalam perjalanan kita yang penuh dengan kesulitan dan tantangan, kita harus selalu melihat apa yang sudah bagus dalam diri, apa yang sudah efektif dalam diri, apa peluang yang bisa direbut dan selalu yakin pada skill kita untuk merebut peluang itu. Jangan melulu nyinyir atau berfokus pada hal-hal negatif padahal hal-hal itu yang menjadikan kita pesimis sehingga akan membuat hidup kita menjadi semakin nestapa.

Saran lain dari Martin Seligman adalah jangan terlalu sering membaca berita karena 80 % berita pemerintah itu adalah hal-hal negatif (pembunuhan, korupsi, konflik, tawuran, kebencian, permusuhan) yang itu akan menggelorakan aura negatif sehingga akan menimbulkan pesimisme dan berbahaya.

Semoga hidup kita akan semakin cetar membahana karena memiliki mentalitas optimis dan keyakinan, tidak nyinyir, selalu percaya bahwa masa depan kita akan gemilang. Salam keberkahan.

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*