Cara Membangun Kebiasaan Hidup

Cara Membangun Kebiasaan Hidup

The power of Habit pernah menjadi buku best seller. Buku ini penting karena hidup kita di desain dari habit/kebiasaan yang kita lakukan. Ada pepatah mengatakan “kalau anda mau mengubah hidup anda maka anda harus mengubah habit anda” karena hidup anda ditentukan oleh perilaku anda sendiri dan perilaku anda ditentukan oleh habit Anda. Jadi habit adalah fondasi bagaimana kita membentuk jiwa dan kehidupan kita. Kalau habit kita baik maka hidup kita akan menjelma menjadi suatu yang indah.

Keystone habit. Ketika anda ingin memiliki suatu habit, sebaiknya anda tidak perlu fokus pada membangun habit sekaligus. Sebaiknya ketika kamu ingin memulai habit yang baik maka mulai dengan satu hal saja yang menurut kamu paling mudah. Dan habit itu akan menular dalam kehidupan kamu yang lain. Contohnya kamu rajin olahraga tiap hari selama 30 menit. Habit tersebut kemudian menular pada kehidupan kamu yang lain seperti rajin bangun tengah malam, rajin membaca. Menurut studi, bila seseorang memiliki habit olahraga, orang tersebut akan semakin bagus dalam mengelola keuangannya.

Tiny habits. Ketika kamu ingin membangun habit, sebaiknya kamu fokus pada tiny habits. Studi menunjukkan bahwa keberhasilan orang dalam membangun kebiasaan itu hanya akan terjadi bila kamu memulainya dengan habit yang kecil. Misalnya cukup olahraga selama 3 menit per hari. Karena willpower seseorang terbatas. Bila kamu memulai habit dengan yang berat maka willpower kamu akan kalah. Habit baru itu harus sangat mudah dilakukan jadi kamu akan bodoh bila tidak bisa melakukannya. Misalnya masa sih tidak bisa membaca buku 1 halaman saja per hari. Ketika kamu sudah melakukan itu maka pelan-pelan habit itu akan menanjak terakumulasi menjadi bola salju.

If then (trigger). Ketika kamu ingin membangun habit, maka ciptakan trigger. Misalnya setiap sore saya akan olahraga.

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*