Cara Berpikir Positif yang Efektif

Cara Berpikir Positif yang Efektif

Buku rethinking positive thinking ditulis oleh Gabriele Oettingen. Beliau adalah seorang profesor / guru besar psikologi. Buku rethinking positive thinking ini menggemparkan karena mencoba melahirkan sebuah pendekatan baru yang sangat revolusioner tentang teori motivasi.

Buku ini juga mencoba melawan pemahaman yang selama ini tidak begitu pas yaitu dikalangan para motivator ada yang namanya positif thinking. Orang diminta untuk positif thinking. Hal ini bagus menurut Gabriele tapi hal itu tidak cukup.

Dalam penelitian Gabriele mengatakan bahwa motivator yang selalu meminta audiensnya untuk berpikir positif justru membuat efek negatif. Kenapa? Ketika audiens ikut seminar motivasi dan dimotivasi untuk positif thinking, audiens berubah lebih baik. Namun tujuh hari setelah seminar malah akan mengalami demotivasi. Menurut Gabriele, positif thinking hanya akan impactfull kalau menggunakan pendekatan berikut ini.

Pertama, wish. Hal ini sama seperti yang disampaikan para motivator yaitu apa keinginan kamu ? misalnya hidup makmur, sukses dalam karir, menjadi orang yang sehat, menjadi orang kaya. Jadi kamu perlu memiliki wish. Jangan sampai berpikir masa depan saja, anda sudah pesimis. Ini akan berbahaya. Hidupmu akan nyungsep. Karena itu, tuliskan wish kamu.

Kedua, Outcome. Hasil apa yang kamu harapkan dari wish kamu. Misalnya dalam sebulan jualan laku sampai 200 unit, blog nya bisa menginspirasi banyak orang, dalam tiga tahun bisa keliling 5 negara. Buat outcome yang menantang.

Ketiga, Obstacles. Wish dan outcome saja tidak cukup. Kamu harus memikirkan apa saja tantangannya. Misalnya harus menyiapkan waktu dan bahan untuk menulis blog. Wish kamu akan lebih mudah terwujud bila kamu segera memikirkan tantangan yang akan menghadang di depanmu.

Keempat, plan of action. Apa plan kamu untuk menaklukan tantangan itu. Misalnya harus banyak membeli buku dan mempelajarinya. Dan plan tersebut harus di eksekusi.

Pages

Posts by category

My Templates

Ads

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*