Boardgame Design Class For Trainer

Boardgame Design Class For Trainer

Profesi trainer adalah sebuah jalan untuk memberikan kunci-kunci untuk membuka kehidupan terbaik seseorang, maka berikanlah kunci-kunci itu dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan game based learning.

Metode pembelajaran berbasis game based learning dengan tools Boardgame saat ini menjadi booming dan sangat digemari diberbagai kalangan. Bahkan metode pembelajaran ini sudah digunakan diberbagai perusahaan besar, karena terbukti efektif. Pertanyaannya, kenapa boardgame begitu efektif ?

Menurut Dale Edger yang melakukan riset panjang tentang metode pembelajaran, menurutnya 90 % proses belajar yang paling efektif adalah dengan simulasi dan praktikum. dengan media boardgame, Anda bisa :

  1. Proses belajar tidak akan membuat peserta jenuh, karena semua peserta akan terlibat aktif
  2. Memberikan experience secara langsung kepada peserta
  3. Akan ada pengembangan pola pikir pada setiap peserta untuk membuat strategi dan mengambil keputusan dalam setiap langkah dalam permainan
  4. Yang terpenting adalah boardgame mampu menciptakan suasana yang menarik dan kompetitif

Kabar baiknya, dunia learning saat ini begitu diminati karena pertumbuhan generasi produktif yang meningkat pesat, mereka adalah generasi yang hadir dengan kecepatan dan tentunya ini sebuah tantangan bagi kita semua untuk menyediakan proses pembelajaran yang sesuai dengan untuk mereka.

Boardgame hadir sebagai solusi di era saat ini untuk kita bisa menciptakan proses pembelajaran yang tepat sebagai jalan pengembangan generasi saat ini untuk mendapatkan experience pembelajaran yang efektif.

Saat ini begitu banyak permintaan, namun sayangnya masih sangat sedikit konseptor, inovator, desainer yang mengetahui ilmu dasar pembuatan boardgame ini dan mamp menciptakannya dalam sebuah kegiatan pembelajaran.

Lalu, bagaimana cara membuat boardgame untuk kebutuhan learning ? Ada 2 proses yang akan dilalui untuk menghasilkan boardgame yang menyenangkan dan sesuai kebutuhan learning.

Proses pertama adalah mendesain game yang simpel. Understand designer menganalisa kebutuhan pembuatan boardgame mulai dari objective, target player, constraints, content. Setelah itu, praktek simulasi mendefinisikan pondasi boardgame. Kemudian lanjut ke proses diverge (designer mengkonsep alur dasar pembuatan boardgame) dengan menerapkan game mechanics dan membuat parameters game.

Proses kedua adalah membuat prototype boardgame yang akan kita desain.

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*