Board Games, Permainan Alternatif Kaya Manfaat

Board Games, Permainan Alternatif Kaya Manfaat
Board Games, Permainan Alternatif Kaya Manfaat

Banyak cara dilakukan dalam melakukan proses edukasi dengan berbagai media pembelajaran yang diharapkan dapat berdampak memberikan perubahan sikap dan perilaku. Edgar Dale melakukan riset tentang metode pembelajaran, menurutnya 90 % proses belajar yang paling efektif adalah dengan simulasi dan praktikum. Salah satu simulasi pembelajaran yang paling banyak digemari saat ini adalah melalui boardgame. Dan banyak penelitian boardgame sebagai sarana pembelajaran atau metode training yang paling alami dan efektif.

Bahkan kesuksesan Uni Soviet berhasil menguasai sebagaian besar dataran eropa, para jendralnya dilatih dan mendapatkan banyak insight strategi melalui papan permainan atau boardgame strategi perang. Artinya boardgame bisa digunakan sebagai metode pembelajaran dengan tujuan banyak hal. Kita saksikan anak-anak disekeliling kita, dengan HP, mereka lupa sekeliling mereka, menggunakan HP sebagai teman, sampai pada tingkat kecanduan games, tanpa ada insight yang bermakna, lupa waktu dan cenderung mudah emosi.

Boardgame bisa menjadi alternatif permainan asyik bagi anak-anak, mengasah kemampuan otak, bersosialisasi, problem solving (pemecahan masalah) yang dihadapi. Boardgame baik untuk pendidikan anak-anak, pembentukan karakter di keluarga, bisnis, pemasaran, leadership dan strategi di perusahaan. Board game rupanya adalah kegiatan yang baik untuk melatih otak, karena akan menstimulasi daerah otak yang bertanggung jawab atas pemikiran kompleks dan pembentukan memori. Hal ini bisa mengasah kemampuan kognitif kita seperti memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Tak hanya itu, bermain board game juga mengurangi resiko alzheimer untuk para lansia.

Berikut 6 manfaat bermain boardgame

  1. Boardgame mengundang tawa dan mengurangi stress. Pernah melihat pemain board game menangis? Ya, tertawa memang sudah menjadi efek samping dari bermain board game. Bukan rahasia lagi kalau tertawa itu mengurangi stres, seperti pada survey yang dilakukan realnetworks.Inc bahwa 53 % orang yang bermain board game memiliki tingkat stress yang lebih rendah. Asal jangan merusak board game kesayangannya aja. Bermain board game rupanya memicu hormon endorfin yang membuat tubuh kita merasa bahagia secara alami. Nah energi positif yang didapat dari hormon bahagia ini mampu meningkatkan fungsi alam sadar dan bawah sadar kita sehingga kita pun merasa terhibur dan puas.
  2. Board game mendekatkan orang dan memperkuat hubungan teman. Tak bisa disanggah lagi, partner sangat dibutuhkan dalam bermain board game. Minimal seorang teman. Hal ini karena kooperasi menjadi dasar dari kegiatan ini. Kapan lagi kamu bisa berpetualang bersama dengan orang baru, teman lama – bahkan mungkin boss kamu selain disini ?
  3. Bermain board game mengingatkan tentang cara hidup di dunia nyata. Faktanya bermain board game adalah suatu cara bermain tradisional yang menarik pemain keluar dari dunia digital yang lumrah di zaman sekarang. Hal ini karena board game tidak melibatkan smartphone, tablet atau komputer secanggih apapun. Menggali insight melalui permainan boardgame, kemudian mengaitkan dengan kehidupan nyata, tentu hal tersebut bisa menjadi simulasi hikmah yang menjadi solusi persoalan hidup di kehidupan nyata. Sebagai contoh salah satu boardgame yang dibuat oleh akademi trainer adalah life balance. Peserta dinyatakan menang jika mampu menseimbangkan di level tertentu ke lima hal terpenting dalam hidup yaitu spiritual, karir, sosial, keuangan dan kesehatan. Dari games tersebut bisa kita ambil insight, bahwa jika hidup kita ingin bahagia, maka harus menseimbangkan ke lima faktor penting tersebut.
  4. Bermain board game menurunkan tekanan darah. Selain mengurangi stress, manfaat medis lain yang bisa dirasakan karena board game adalah memperbaiki sistem saluran darah kita. Hormon endorfin yang dihasilkan akan membuat otot menjadi rileks, sehingga melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.
  5. Board game mengajarkan kamu kesabaran dan cara menentukan tujuan. Membutuhkan strategi dan kesabaran ekstra untuk memenangkan suatu misi dalam board game. Melibatkan setiap pemainnya dalam petualangan seru seperti ini tentu sangat baik untuk mengatur emosi. Aturan dalam permainan harus dipahami betul, sampai akhirnya kita memahami medan dan memiliki strategi dan tujuan yang paling efektif untuk menang.
  6. Board game mengasah kreatifitas dan rasa percaya diri. Bermain board game ampuh untuk orang yang cenderung pemalu, karena di dalam kegiatan ini mereka akan merasa dilibatkan. Board game adalah kesempatan emas mereka untuk terbuka, serta membantu mengasah sisi kreatif dengan cara yang menyenangkan.

Perkembangan board game sangat signifikan dalam semua aspek dan komponen. Menjadi solusi terhadap banyak persoalan. Di perusahaan misalnya, bisa menjadi media pembelajaran untuk membangun komunikasi yang baik antara atasan dengan bawahan, team work dan juga leadership bagi pemimpin perusahaan. Lingkungan sosial hingga solusi bagi keluarga dari insight yang didapat dari bermain boardgame yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Belajar asyik penuh manfaat.

Membiasakan pola pikir kolaboratif. Banyak cara yang bisa digunakan jika biasanya membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar, dengan board game bisa lebih cepat, simpel dengan harga yang ekonomis ditambah insight yang akan kita dapatkan akan terekam kuat dalam ingatan karena kita terlibat langsung di dalamnya.

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*