Being A Great And Sustainable Hospital

Dear Laskar Mutu,

Pernahkah membaca buku yang berjudul Being A Great And Sustainable Hospital ? Sebenarnya buku karya Rochmanadji Widajat ini sudah lama saya punya namun belum saya baca semua. Hehe. Baru akhir-akhir ini saya selesaikan membacanya. Buku ini cocok untuk para Laskar Mutu yang belum tahu dan mau tahu tentang manajemen rumah sakit di lapangan.

Penulis menuliskannya dengan tidak bertele-tele dan langsung mengenai sasaran. Saya suka isi nya. Dan Saya akan mengulas seluruh pitfall manajemen yang harus diwaspadai menurut Penulis.

Pitfall adalah kejadian yang Lazimnya tidak diduga atau disangka sebelumnya yang berpotensi menjadi masalah/mengganggu kelancaran akivitas pelaksanaan program, baik sebagian maupun keseluruhan.

Mengelola sebuah RS tidak mudah. Apalagi bila harus menghadapi dan mengantisipasi perubahan dan persaingan Global. Sehingga bisa dipastikan akan adanya pitfalls yang berpotensi mengganggu dan harus diwaspadai oleh pemilik dan pengelola RS.

Apa persamaan RS Swasta dan RS Pemerintah? Keduanya sama-sama mempunyai kelemahan internal terutama berhubungan dengan sarana dan lemahnya daya saing. Dan ditambah dengan kurang tanggap dan sigapnya kepemimpinan RS dalam mengantisipasi perubahan regional dan global yang berjalan cepat.

tersebut diantaranya :

  1. Kurang harmonisnya orkestrasi “hubungan dinamis” antara pimpinan dan bawahan yang berpotensi pada kegagalan organisasi menjaga proses perubhan agar tetap sustainable
  2. Akibat “terlalu lamanya berada dalam masa transisi peubahan”. hal ini menimbulkan kejenuhan dan berdampak negatif yakni menghasilkan kontraproduktivitas dan lemahnya daya saing.
  3. inkosistensi pimpinan, yang mengaibatkan perubahan yang terus menerus atau Ganti pimpinan Ganti kebijakan baru sehingga membingungkan anak buah

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*