Bedah Buku : Teori Bolu Bantat

Bedah Buku : Teori Bolu Bantat

Pola pengajaran yang berpusat pada pendidik sebagai pemberi materi dan siswa sebagai penerima materi yang cenderung pasif (hanya mencatat dan mendengarkan) terasa sangat membosankan dan kurang memberikan hasil yang optimal dalam proses belajar. Dan saat ini, para pengajar dituntut untuk memiliki strategi agar proses belajar berjalan secara efektif dan efisien serta mengena pada tujuan yang diharapkan. Buku ini cocok menjadi referensi bagi para pengajar.

Buku ini terdiri dari 7 bab dengan jumlah 72 halaman. Penulis adalah Ike Husen yang merupakan dosen fakultas kedokteran UNPAD. Buku ini beredar pada tahun 2017 dari penerbit dari bitread Bandung.

Bab 1 : Mengapa perlu Tips dan Trik ?

Pada bab ini akan dijelaskan hal-hal yang menjadi permasalahan yang sering dilontarkan oleh mahasiswa. Selain itu, dijelaskan juga permasalahan teknis yang sering muncul di benak para dosen terkait implementasi PBM

Bab 2 : Filosofi PBM (Pembelajaran Berbasis Masalah)

Pada bab ini akan dijelaskan target PBM meliputi pengetahuan, keterampilan dan afektif. Pada bab dijelaskan bahwa pada PBM proses belajar dimulai dengan masalah kesehatan yang dikemas dalam kasus. Pada target PBM ke 2 yaitu keterampilan seperti berpikir kritis, kemampuan menganalisis informasi, belajar mandiri dan kemampuan komunikasi. Target PBM ke 3 yaitu afektif seperti kerjasama, menghargai keberagaman kemampuan individu. Selain itu, pada bab ini akan menjelaskan proses belajar pada tutorial PBM yang efektif.

Bab 3 : Pengembangan skenario pada PBM

Skenario yang dirancang dengan baik sesuai tujuan belajar yang ingin dicapai akan sangat membantu dalam mengembangkan kemampuan belajar mandiri. Skenario yaitu semacam cerita pendek tentang suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berfungsi sebagai pemicu untuk menentukan materi yang perlu dipelajari serta dicari pemecahannya dalam diskusi kelompok. Pada bab ini dijelaskan peran dan fungsi skenario PBM, skenario PBM yang ideal, Cara penyusunan skenario PBM.

Bab 4 : Pentingnya “aturan dasar kelompok”

Aturan dasar kelompok berperan penting dalam tercapainya efektivitas dan target PBM. Pada bab ini akan dijelaskan hal-hal penting terkait aturan dasar kelompok. Sehingga semua kesepakatan harus disepakati oleh semua anggota kelompok dengan berorientasi pada tercapainya proses belajar yang mengacu pada tujuan dan target PBM.

Bab 5 : “teori bolu bantat” proses tutorial pada PBM

Pada bab ini akan dijelaskan 3 tahap yaitu tahap pertama (identifikasi topik belajar yang dibutuhkan), tahap kedua (belajar mandiri yang bertujuan untuk memperoleh dan memahami semua aspek topik belajar yang dibutuhkan) dan tahap ketiga (evaluasi hasil belajar mandiri dan implementasinya).

Bab 6 : Peta Konsep pada PBM

Peta konsep yaitu suatu metode umum yang dapat digunakan untuk menggambarkan atau mengekspresikan pikiran seseorang tentang suatu topik berupa diagram. Pada bab ini akan dijelaskan 3 macam peta konsep pada PBM yaitu peta konsep curah pendapat, peta konsep intisari kasus, peta konsep final

Bab 7 : Evaluasi Tutorial pada PBM

Evaluasi tutorial pada PBM dilaksanakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran. Pada bab ini akan dijelaskan bahwa keterampilan dan afektif merupakan softskill yang dapat dinilai pada proses tutorial PBM. Salah satu cara ujian yang dapat digunakan untuk menilai adalah OSOCA (Objective structured student oral case analysis). Dan pada bab ini, akan dijelaskan pelaksnaan OSOCA, aspek yang harus dipresentasikan, dan pemberian bobot nilai.

Bagi Anda yang berminat dengan buku ini, bisa memesan langsung ke penerbit Bitread Publishing Bandung di nomor 082320063397 / 083890790002. Untuk harga, mohon maaf saya lupa harganya tapi tidak mahal (harga buku dibawah 100rb).

loading...
Share

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*