Al Mukmin. Alloh Maha Pemberi Rasa Aman

Bagaimana Rasulullah SAW saat merebut kota Mekkah? Saat Rasulullah tiba di kota Mekkah dan meraih kota Mekkah, Rasulullah menisbatkan kemenangan ini kepada Alloh SWT dengan memujiNya. Beliau mengatakan “Segala puji bagi Alloh yang telah memenuhi janjiNya yakni memberikan kota Mekkah kepada Rasulullah SAW” Makna inilah yang disebut Al Mukmin. Kenapa demikian? Karena Alloh SWT yang telah memberikan janjiNya kepada Rasulullah dengan cara memberikan Mekkah kepada Rasulullah SAW. Jadi makna dari sini adalah Al Mukmin, Alloh yang telah berjanji untuk sesuatu dan Alloh menyempurnakan janji itu. Alloh membenarkan apa yang diucapkanNya. Inilah yang disebut dengan Al Mukmin.

Ketika Alloh SWT menerangkan “Sesungguhnya dengan mengatakan apabila kemenangan akan terjadi pada orang mukmin yakni mengatakan Kota Mekkah pastikan kemenangan ini akan terjadi”. Di dalam Al Qur’an berapa banyak Alloh perlihatkan kata-kataNya “apabila kiamat akan terjadi, apabila orang mukmin sholeh ini berbuat baik maka kebaikan yang akan didapatkan, apabila orang kafir berbuat buruk maka akan mendapatkan keburukan karena hakekatnya janji Alloh merupakan janji yang pasti akan terjadi dan janji yang Alloh berikan pasti akan terjadi”. Inilah yang dinamakan Al Mukmin. Maka apapun yang diucapkan oleh Alloh pasti terjadi dan ini makna Al Mukmin yang paling singkat jika ingin tahu.

Berapa banyak janji Alloh yang ada di dalam Al Qur’an? Sehingga di dalam Al Qur’an sangat terkenal dengan kata-kata “Sesungguhnya Alloh SWT tidak pernah melanggar ataupun tidak pernah untuk tidak menepati janjiNya”. Seandainya kita sudah sangat sadar dan tahu makna dari Al Mukmin, haruskah kita ini resah dalam kehidupan? Ketika melakukan suatu kebaikan pasti Alloh yang akan membalas kepada kita “Siapapun diantara laki-laki atau perempuan apabila dia berbuat baik, sholeh pastikan Alloh akan memberikan kepadanya yakni kehidupan yang baik, sempurna, ketenangan karena ini janji Al Mukmin”. Tidak ada keresahan bagi orang yang percaya pada Al Mukmin. Tidak ada kegundahan bagi orang yang percaya pada Al Mukmin karena hakekatnya apapun yang dikerjakan, Alloh yang akan menilainya. Dialah Alloh Al Mukmin. Dan Dialah Alloh yang selalu memperhatikan kita dan Dialah yang selalu memberikan apapun janji-janjiNya kepada hambaNya, yang baik akan mendapatkan kebaikan, yang buruk akan mendapatkan keburukan.

“Yang paling dekat dan merasakan nikmat ibadah adalah orang yang paling mengenal Alloh SWT”. Saking dekatnya mengenal Alloh maka semakin nikmat beribadah, Saking merasakan nikmat kata-kata Al Mukmin maka setiap nafasnya, setiap gerakannya, dia akan merasakan keindahan yang luar biasa. Karena apa? Aman dalam hidupnya, aman dalam pikirannya, aman dalam ingatannya. Kenapa? Karena dia yakin Al Mukmin yang selalu mengawasi dan tidak pernah lalai dengan janji-janji yang Alloh berikan, tidak akan pernah putus dalam beribadah, tidak akan pernah putus asa dalam berusaha ketika dia tahu bahwa janjiNya tidak akan pernah menjauh daripada kenyataan. Kemenangan akan terjadi pada Rasulullah, Alloh berikan. Karena Alloh Al Mukmin.

Surga akan diberikan kepada orang mukmin? Ya. Karena janji Alloh Al Mukmin dan semuanya akan dirasakan oleh kita ketika kita benar-benar dekat dan merasakan nikmatnya ibadah kepada Alloh dengan syiar kita, mendekat kepada Alloh dan lebih mendekat kepada Asmaul husna pastikan langkah kita akan semakin aman dan lancar. Dialah Alloh SWT, Al Mukmin.

Alloh yang akan membenarkan niat seseorang ketika niat orang itu berbuat baik. Bagaimana caranya seandainya niat saja yang kita miliki belum lurus maka setiap niat yang baik dan kuat, Alloh akan berikan kemudahan untuk membenarkan niat tersebut dan Alloh memberikan keamanan dunia akhirat. Apabila niat Anda baik, maka Alloh akan benarkan niat Anda. Siapa diantara kita yang punya niat baik? Pastikan niat itu hanya Alloh yang tahu. Anda menulis buku apa niat Anda? Apakah Anda menulis buku ingin manfaat? Apakah Anda berdakwah, baca Qur’an atau apa saja yang Anda lakukan, niat Anda apa? Karena Alloh akan membenarkan niat Anda termasuk akan membenarkan, mengarahkan pada niat seseorang ketika orang itu melakukan aktivitas apapun. Ini Al Mukmin yang harus kita pahami. Hati-hati dengan niat yang kita miliki karena Alloh Al Mukmin.

Al Mukmin yang telah berjanji menjadikan manusia sebagai khalifah. Al Mukmin yang telah menjadikan bumi ini tempat aman, tentram dan damai. Keamanan, ketentraman, keindahan itu diberikan oleh Al Mukmin yang menjamin hidup berbagai macam kehidupan. Al Mukmin berjanji untuk memelihara semuanya. Hakekatnya orang yang beriman itu orang yang aman karena mendapat jaminan dari Alloh selamat dunia akhirat.

Berbuat adil, berbuat sholeh, berbuat baik maka pasti dia akan mendapat keamanan dari Alloh. Sesungguhnya hancurnya dunia ini, berantakan dunia ini karena niat yang kurang baik yang dia miliki. Karena Alloh akan membenarkan niat apa yang diinginkan orang tersebut karena Alloh akan membuktikan niat yang dimiliki oleh seseorang. Apa niatnya ketika dia melakukan itu? Kedua, karena dia tidak mampu berbuat kebaikan. Karena rusaknya dunia ini ketidakmampuan untuk berbuat kebaikan karena ketidaktahuan bahwa sesungguhnya Alloh Al Mukmin. Mungkin manusia berjanji tapi dia bukan Al Mukmin tapi Alloh tidak. Ketika Alloh berjanji pasti akan menjadikan janji itu sempurna karena Dia Al Mukmin.

Sumber : Ust. Abi Maki. Asmaul Husna tv one 27 Juni 2015

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*