5 Karakter Pemimpin

5 Karakter Pemimpin
5 Karakter Pemimpin

Dalam bukunya “Multipliers”, Liz Wiseman menceritakan 16 tahun pengalamannya bekerja di Oracle. Ia menjelaskan karakteristik dan kebiasaan yang membedakan pemimpin yang baik dengan pemimpin yang dinilai negatif oleh anggota tim nya.

Adapun untuk menjadi pemimpin yang baik, salah satu yang bisa kita lakukan dengan menjadi Multipliers Leader yang memiliki ke lima spektrum karakter pemimpin. Untuk menjadi Multiplier Leader kita bisa fokus mengoptimalkan gaya kepemimpinan kita dan juga percaya bahwa “tim kita dapat dipercaya dan memiliki kapasitas untuk menyelesaikan masalahnya”. Sehingga kita dapat mengoptimalkan kerja tim untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

  1. Semua dari kita adalah pemimpin dengan gaya masing-masing. Daripada mencoba memiliki semua tipe kepemimpinan, lebih baik kita mengoptimalkan kemampuan yang sudah kita miliki. Dengan mengenali tipe kepemimpinan yang ada pada diri akan membuatmu menjadi pemimpin yang lebih baik
  2. The Liberator. Para Liberator memiliki mindset “tidak takut untuk gagal”, mereka percaya bahwa pembelajaran bagi setiap tim lebih penting. Sehingga para liberator fokus menyediakan lingkungan yang nyaman untuk menghadirkan ide-ide terbaik member dalam tim, dan fokus untuk mencapai hasil terbaik.
  3. The Challenger. Para challenger membantu anggota timnya untuk melihat kesempatan dalam setiap urusan. Para chellenger pun senang memotivasi anggota tim bahwa mereka bisa mencapai tujuan mereka.
  4. The Talent Magnnet. Para talent magnet percaya bahwa semua anggota tim memiliki talentanya masing-masing. Efektivitas menjadi kunci mereka untuk mengoptimalkan kerja setiap anggota tim.
  5. The Debate Maker. Para debate Maker percaya bahwa keputusan yang terbaik akan didapatkan setelah semua pendapat sudah diutarakan, sehingga mereka merekayasa kondisi terbuka untuk semua anggota tim mengutarakan pendapatnya untuk dijadikan pertimbangan
  6. The Investor. Para investor sering memberikan ruang untuk para anggota timnya mengakui kesuksesan akan projek tim. Para investor melihat kemampuan setiap individu dibutuhkan.

Kamu pemimpin tipe yang mana ?

Sumber : Instagram @pemimpin.indonesia

loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*