3 Hal Penyebab Keretakan Rumah Tangga

3 Hal Penyebab Keretakan Rumah Tangga
3 Hal Penyebab Keretakan Rumah Tangga

Beberapa hari yang lalu, saya didatangi tetangga yang sudah punya anak dua dan konsultasi tentang karirnya. istri bekerja, sedangkan ia sebagai suami sudah berkali-kali ganti kerjaan. Padahal usianya bentar lagi menginjak 40 tahun.

Setelah diselidiki lebih dalam bukan cuman masalah ekonomi, tapi kurangnya komunikasi antara suami istri dan anak menyebabkan ketidakharmonisan.

Ini pelajaran banget buat kita semua, penyebab keretakan rumah tangga :
1. Komunikasi
2. Ekonomi
3. Karakter Buruk

Maka, sebelum menikah coba perbaiki kedua hal ini:
1. Komunikasi
Belajarlah untuk terbuka, baik pada orang tua maupun keluarga. Saat ada kebahagiaan maupun diuji kesulitan, belajarlah terbuka. Jangan sampai ada pikiran, “Orang tua ga usah tau masalah saya, mereka cuman harus tau saya sukses”. Bahayanya, ketika masalah itu sudah besar sekali tetap saja keluarga yang akan kena akibatnya. Mending dari awal mereka tahu masalahnya, minimal dibantu do’a. Bukankah do’a ibu pada anaknya diijabah?

Komunikasi yang buruk dengan orang tua bisa berlanjut saat menjadi suami atau istri. Tidak mau terbuka, mudah berprasangka, gampang emosi, dll. Hal itu karena terbiasa memendam masalah sendiri dan tidak mau berbagi. Bisa jadi merasa tidak percaya dengan pasangan hidup. Terus buat apa dinikahi..?

Begitu juga dengan perbedaan psikologi pria dan wanita. Suami harus tahu bagaimana membuat istri nyaman, misalnya dengan mendengarkan curhatnya, memberi kejutan, mengantarnya, dll.

Istri harus paham dengan kebutuhan suami, misalnya dimanjakan dengan pelayanan, tampil mempesona, dll.

2. Masalah Ekonomi
Nah, ini sih hal yang sensitif. Banyak yang gagal nikah, bahkan ujungnya bercerai hanya soal ekonomi.

Biasanya banyak wanita yang merasa setelah menikah ga lagi bisa beraktualisasi, padahal ga seperti itu. Asalkan ilmunya benar.

3. Karakter buruk
Ada yang udah pacaran 5 tahun, setelah menikah kaget ternyata suami selingkuh sama mantannya. Ada yang pakai jalur ta’aruf, tapi karena kurang teliti akhirnya sedih karena selama nikah suami tempramen atau malas sholat di masjid.

Ya.. hal ini bisa jadi karena bisa jadi suami atau istri belum total hijrah, belum Istiqomah ibadah. Sehingga rentan kembali ke masa lalu ketika diberikan tempaan hidup.

Semoga kita terhindar dari 3 masalah ini, maka persiapkan ilmunya sebelum terjadi. Karena penyesalan itu di akhir, kalau di awal namanya pendaftaran 😁👍

Sumber : Setia Furqon Kholid

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*