3 Faktor yang Hancurkan Motivasi

3 Faktor yang Hancurkan Motivasi

Buku Willpower adalah salah satu buku yang fenomenal dalam ilmu perilaku. Penulisnya yaitu Roy F. Baumeister & John Tierney seorang guru besar di bidang psikologi. Buku ini menceritakan mengenai apa itu willpower dan bagaimana cara mengelola willpower. Willpower merupakan elemen kunci dari motivasi. Jadi motivasi kamu di drive oleh willpower. Willpower adalah kemauan untuk bergerak.

Kenapa selama ini banyak orang memiliki cita-cita atau impian yang indah tapi mayoritas gagal mencapai impian tersebut? Impian tersebut hanya dipikir kemudian menyesal kenapa saya tidak bisa melakukannya. Hal ini karena willpower kamu kolaps. Ternyata willpower kamu itu memiliki konsep kerja seperti air dalam tangki. Jadi hari demi hari bisa naik turun. Dan menurut Roy dalam risetnya menjelaskan bahwa willpower seseorang akan tergerus habis ketika menemui berbagai hambatan. Kamu tidak menyadari ternyata ada beberapa faktor yang membuat willpower seseorang mudah tergerus habis.

Penulis menyatakan ilusi bila kamu mengatakan bahwa kamu bisa menjaga motivasi selamanya karena motivasi atau willpower kamu mudah tergerus.

3 faktor yang menghancurkan willpower kamu adalah

  1. Negatif information (Informasi negatif). Kamu sering membaca koran, membaca berita, menonton televisi, dll tentang berita negatif (perang, pembunuhan, penipuan, korupsi). Menurut riset dalam psikologi menunjukkan ketika tiap hari kepala anda di papar dengan hal-hal negatif, maka willpower anda akan tergerus habis. Jadi bila anda ingin hidup lebih tenang dan willpower anda tidak tergerus habis maka kurangi melihat berita-berita negatif.
  2. Macet. Ketika tiap hari anda kena macet, willpower anda akan mudah tercecer di jalanan. Di buku willpower ini menjelaskan studi riset yang mana responden diminta untuk menunggu sesuatu. Setelah menunggu sekitar 5 menit, mereka diminta untuk mengerjakan sebuah kuis. Dan hasilnya benar “orang yang dipaksa untuk menunggu ternyata daya tahan untuk mengerjakannya tidak lama dibanding orang-orang yang tidak diminta untuk menunggu”. Solusinya masuk kerja diawal waktu, hindari macet dengan menggunakan jalan alternatif
  3. Jarang Bersyukur. Kesibukan kita membuat kita jarang bersyukur. Semakin kita banyak bersyukur maka semakin kita bisa menjaga willpower kita. Begitupun sebaliknya.
loading...
Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*